IZIN HO DIHAPUS, DIHARAPKAN DONGKRAK INVESTASI DI BOYOLALI

Posted in Informasi
Posted on: April 20th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Penghapusan izin gangguan atau HO sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 22/2016, perubahan dari Permendagri 27/2009, diharapkan dapat mendongkrak investasi yang masuk ke Boyolali.
Penghapusan tersebut juga sejalan dengan visi misi bupati, Boyolali pro investasi. Sehingga dengan penghapusan izin HO yang berlaku sejak awal April ini, disambut positif Pemkab Boyolali.
Kabid Penanaman Modal, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Eko Nugroho menyatakan izin gangguan atau HO sudah tidak berlaku lagi dengan terbitnya Permedagri nomor 22/2016 tersebut.
“Artinya sejak awal April ini izin HO tidak berlaku. Sehingga diharapkan akan mempermudah investasi di Boyolali,” ungkap dia.
Sementara itu menindaklanjuti Permendagri 22/2016 tersebut, saat ini sudah disiapkan dan disusun Peraturan Bupati (Perbup) untuk mengisi kekosongan aturan atau diskresi terkait penghapusan izin HO. Menurut Eko, dengan dihapusnya izin HO itu akan semakin memudahkan pelaku usaha dalam membuka usaha di Boyolali.
Di sisi lain, diakui Eko, dengan penghapusan izin HO, akan berdampak pada berkurangnya potensi pendapatan asli daerah (PAD). Namun hal itu tidak menjadi masalah dan diatasi dengan alternatif potensi PAD lainnya.
Penghapusan izin HO ini, juga disambut positif Bupati Boyolali, Seno Samodro. Menurut dia, dengan keluarnya Permendagri 22/2016 ini, maka investasi yang masuk ke Boyolali akan semakin mudah dan diharapkan dapat terus meningkat.
“Ini sejalan dengan visi misi saya, Boyolali pro investasi,” tegas Seno.
Dijelaskan Bupati, kewajiban izin HO selama ini justru sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Biasanya dengan dalih keamanan lingkungan, masyarakat meminta dana dengan besaran tertentu baru izin keluar.
 “Misalnya saja untuk pembangunan tower, ada RT yang minta uang Rp 50 itu dasarnya apa,,” tegas Seno.
Sebaliknya, meski izin HO sudah dihapuskan, pihak perusahaan juga diminta tetap melaksanakan kewajiban dan tidak merugikan masyarakat. Di sisi lain, tanggung jawab lingkungan juga harus dipenuhi oleh perusahaan.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru

Back to Top