INSENTIF PAJAK LAHAN PERTANIAN DIPERKIRAKAN CAPAI Rp. 4 M

INSENTIF PAJAK LAHAN PERTANIAN DIPERKIRAKAN CAPAI Rp. 4 M
Posted in Headline
Posted on: May 9th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Rencana kebijakan Bupati Boyolali, Seno Samodro memberikan insentif Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk lahan sawah pertanian berkelanjutan, diperkirakan mencapai Rp 4 miliar.
Saat ini terkait rencana insentif pajak tersebut, Badan Keuangan Daerah (BKD) bersama Dinas Pertanian dan instansi terkait, terus melakukan pendataan dan validasi petani calon penerima insentif. Sehingga dimungkinkan kebijakan penggratisan pajak untuk sawah irigasi teknis tersebut, belum bisa direalisasi tahun ini.
“Perhitungan sementara yang tidak masuk PBB sekitar Rp 4 miliar,” ungkap Kabid Pajak Daerah, BKD Boyolali, Bambang Sutanto, Selasa (9/5).
Dijelaskannya, angka tersebut merupakan perhitungan sementara karena saat ini pihaknya bersama Dinas Pertanian masih proses pendataan. Pendataan tersebut antara lain meliputi pemilahan lahan yang akan mendapatkan insentif PBB hingga validasi petani yang akan menerima insentif pajak tersebut. Untuk validasi, menurut Bambang pihaknya juga melibatkan perangkat desa setempat supaya data calon penerima insentif tepat sasaran.
Nantinya pemberian insentif pajak ini jelas Bambang, akan diberikan sesuai dengan data by name by addres  petani yang bersangkutan. Berkaitan ini, penerima insentif juga akan tercantum dalam peraturan bupati. Sehingga diakui Bambang, proses pendataan dan validasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama.
Selain proses pendataan dan validasi, menurut Bambang untuk saat ini juga terdapat tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR), juga masih melakukan pendataan berkaitan jaringan irigasi teknis yang ada di Boyolali. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top