HUJAN DERAS MEMBUAT PETANI KEDELAI WAS WAS

HUJAN DERAS MEMBUAT PETANI KEDELAI WAS WAS
Posted in Informasi
Posted on: May 31st, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Hujan deras tiga hari berturut kemarin, membuat petani di Kecamatan Sambi was-was. Hujan membuat tanaman kedelai yang baru mereka tanam terancam gagal panen.
Laiknya petani tadah hujan lainnya, usai panen padi para petani pun bertanam kedelai di musim kemarau ini. Apalagi selama beberapa minggu kemarin kondisi cuaca cukup terang dan panas. Benih kedelai yang disebar petaniu pun mulai bertunas dan berdaun.
Namun sejak beberapa hari kemarin, hujan turun sangat deras hingga tiga hari berturut-turut. Selain itu, kondisi cuaca setiap harinya juga terus mendung. Akibatnya, tanaman kedelai yang seharusnya minim air, justru tergenang.
“Terendam air, kalau seperti ini bisa gagal panen,” tutur Ismanto (52), petani Desa Tempursari, Sambi, Rabu (31/5).
Tak hanya terendam, tanaman kedelainya yang sudah berdaun 6-7 lembar justru diserang keong mas yang turut muncul bersama genangan air. Keong-keong tersebut dengan ganas menyantap daun muda kedelai.
Sempat putus asa, Ismanto pun berupaya menanggulangi kondisi sawahnya dengan membuat palir atau parit-parit yang cukup dalam. Langkah ini dilakukan supaya genangan air bisa mengalir atau setidaknya tidak menggenang tanaman lagi. Selain itu dengan diparit cukup dalam, keong mas juga tidak lagi menyerang tanaman.
“Sudah sepertiga yang rusak kena keong, semoga cuaca segera membaik,” ujar dia.
Petani lainnya, Pardi mengatakan jika dalam beberapa hari ke depan cuaca tidak membaik, dipastikan tanaman kedelai mereka tidak panen. Pasalnya, meski kondisi tanaman terlihat rimbun hijau dan subur, namun justru buahnya kopong.
“Soalnya kedelai tidak suka banyak air, kalau kebanyakan justru kopong tidak ada isinya,” kata dia.
Sementara itu sebagian petani lainnya mengantisipasi dengan menanam jenis tanaman lainnya. Wanto misalnya, mengaku merelakan tebaran benih kedelainya dan saat ini mempersiapkan untuk bertanam kedelai.
“Kalau padi kan tidak mungkin sekarang ini, ganti dengan cabai saja semoga hasilnya bagus,” imbuh dia. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top