HARI PERTAMA MASUK, SEJUMLAH INSTANI PELAYANAN DISERBU WARGA

HARI PERTAMA MASUK, SEJUMLAH INSTANI PELAYANAN DISERBU WARGA
Posted in Informasi
Posted on: July 3rd, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Hari pertama masuk kerja pascalibur Lebaran, sejumlah instansi pelayanan diserbu masyarakat yang membutuhkan layanan administratif, Senin (3/7). Peningkatan bahkan mencapai lebih dari 50 persen dibandingkan dengan hari-hari biasa.
Kepadatan di antaranya terjadi di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja, Samsat, serta Satlantas Polres Boyolali. Di Dispendukcapil, jumlah pemohon yang datang bahkan lebih dari 450 orang.
Menurut petugas pencatat Dispendukcapil Boyolali, Septian Wisnu, ratusan pemohon tersebut di antaranya yakni pemohon KTP sebanyak  200-an orang, pindah kependudukan sebanyak 80-an orang, pemohon kartu keluarga (KK) sebanyak 100-an orang, serta pemohon akta kelahiran sekitar70 orang.
“Usai libur panjang lebaran kemarin, jumlah pemohon meningkat signifikan sekitar 50 persen,” kata dia di sela-sela pelayanan pembuatan KK.
Peningkatan tersebut membuat atrean pemohon cukup panjang. Meski demikian, atrean berlangsung tertib dan petugas melayani satu per satu permohonan yang diajukan. Di tempat lain, penumpukan warga juga terjadi di Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (LPPD) atau Samsat Boyolali.  Sekitar 500-600 masyarakat antre di Samsat untuk mengurus administrasi kendaraan mereka.
Kanit Regristrasi dan Identifikasi, Iptu Cahyo Nugroho membenarkan adanya peningkatan permohonan layanan masyarakat di hari pertama masuk kerja tersebut. Menurut Cahyo, meski ada peningkatan yang cukup signifikan, namun pihaknya berkomitmen untuk melayani seluruh permohonan sampai selesai.
“Semua akan kami layani meskipun sampai malam,” kata dia.
Dijelaskannya, untuk kendaraan yang pajaknya sudah jatuh tempo atau berakhir pada saat liburan kemarin, tidak dikenakan denda keterlambatan. Hal itu sesuai dengan Surat Gubernur No. 800/19852 tentang Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017. Selain itu juga sesuai hasil koordinasi dengan Ditlantas Polda Jawa Tengah, maupun Surat Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Jateng.
Tak hanya berlaku untuk pajak kendaraan, hal yang sama juga berlaku bagi pengguna SIM yang habis masa berlakunya saat liburan lebaran kemarin. Menurut Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Marlin Supu Payu, perpanjangan tanpa denda atau kewajiban membuat SIM baru lagi bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya saat liburan lebaran kemarin.
“Untuk pemohon SIM terbilang masih normal, kalaupun ada penumpukan kan selama libur kemarin tidak dilayani,” ujar dia.
Terpisah, jumlah pemohon kartu kuning di Kantor Dinkopnaker Boyolali hingga Senin pagi sudah mencapai puluhan. Menurut salah satu petugas, Diasty, jumlah pemohon terhitung masih normal dan kebaanyakan permohonan kartu kuning tersebut untuk bekerja di perusahaan lokal. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top