HARGA DAGING AYAM NAIK, PETERNAK SENANG

HARGA DAGING AYAM NAIK, PETERNAK SENANG
Posted in Informasi
Posted on: May 22nd, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Kenaikan harga daging ayam menjelang puasa Ramadhan saat ini, disambut baik peternak ayam daging pejantan. Harga ayam hidup di peternak, saat ini sudah mencapai kisaran Rp 27.000-29.000 per kilogram. Meski demikian, kisaran harga tersebut diharapkan dapat terus meningkat menjelang lebaran mendatang.
Menurut salah satu peternak di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Daryadi, saat ini pengepul sudah mau mengambil dengan harga Rp 29.000 per kilogram. Dengan harga ini, menurut dia cukup lumayan memberikan untung bagi peternak.
“Setidaknya cukup untuk menutup biaya pakan, obat-obatan, dan tenaga, serta masih ada keuntungannya,” kata dia, Senin (22/5).
Senada, peternak lainnya, Purwadi, mengatakan kenaikan harga ayam pejantan ini mulai sebulan terakhir. Menurut Purwadi, sekitar sebulan lalu harga ayam masih sekitar Rp 24.000 per kilogram hidup. Dia berharap, harga ayam bisa terus naik setidaknya mencapai Rp 30.000 per kilogram saat lebaran nanti.
“Setidaknya kan bisa menutup kenaikan harga barang-barang lainnya, kan semuanya ikut naik kalau lebaran,” kata dia.
Untuk persiapan lebaran, baik
Daryadi dan Purwadi saat ini masih tersedia ternak ayam persiapan panen usia 30-50 hari.Mereka berharap, stok ini dapat panen tepat sekitar lebaran sehingga harga akan lebih tinggi.
Sayangnya, di tengah kenaikan harga ayam pejantan, saat ini justru peternak kesulitan mendapatkan bibit atau DOC. Daryadi mengaku, di tempat biasa dia membeli bibit pun juga mengalami kekurangan pasokan. Imbasnya, kadang ayam miliknya pun terpaksa tidak terisi optimal.
“Biasanya saya pesan 7.000 ekor bibit, tapi ini cuma dapat 4.000 ekor. Terpaksa kandang yang kapasitasnya 7.000 diisi sedapatnya itu,” keluh dia.
Daryanti mengaku tidak tahu mengapa bibit ayam jantan saat ini menjadi langka. Hanya saja dari distributor dia mendapat jawaban, pasokan DOC saat ini dari produsen juga tengah terbatas.
Kondisi yang sama juga dialami Purwadi. Dia juga mengaku kesulitan mendapat bibit DOC ayam pejantan. Selain sulit, dia pun terpaksa antre hingga beberapa minggu untuk mendapatkan 5.000 ekor DOC pesanannya. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top