HARGA CEBAI MEMBAIK, PETANI BOYOLALI LEGA

HARGA CEBAI MEMBAIK, PETANI BOYOLALI LEGA
Posted in Informasi
Posted on: November 17th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Petani cabe di Boyolali mulai merasa senang seiring mulai meningkatnya harga cabe di pasaran. Pasalnya, sudah cukup lama harga cabe terpuruk dan membuat petani merugi.

Saat ini harga cabe di tingkat petani sudah berkisar Rp 15.000-20.000/kg. Harga ini sudah jauh lebih baik dari harga sebelumnya yang hanya di bawah Rp 10.000/kg. Membaiknya harga cabe ini tentu disambut baik petani, mengingat sudah berbulan-bulan sebelumnya harga cabe terpuruk.

“Sudah sejak 1-2 minggu ini harga cabe mulai naik, kemarin dihargai Rp 18.000/kg,” tutur Ngadimin (60), petani warga Desa Tempursari, Kecamatan Sambi, Kamis (16/11/2017).

Kenaikan harga cabe ini menurut Ngadimin, salah satunya diduga saat ini mulai berkurangnya pasokan. Selain itu saat ini juga sudah mulai banyak masyarakat yang menggelar hajatan sehingga kebutuhan cabe pun meningkat.

Wanto (56), petani lainnya mengatakan, selama harga cabe di bawah Rp 10.000/kg  cukup merugikan petani. Namun saat ini petani sudah bisa bernafas lebih lega karena harga mulai meningkat. Meski demikian petani terus berharap harga cabe dapat lebih tinggi lagi.

Kondisi ini disebabkan saat ini mulai memasuki musim penghujan. Sekalipun harga cabe sudah membaik, di sisi lain petani juga dihadapkan resiko berkurangnya produksi atau panen. Pasalnya, tingginya curah hujan menyebabkan buah cabe mudah busuk terserang hama dan rontok.

“Resikonya petani ya seperti itu, biasanya kalau awal musim penghujan seperti ini harga mulai tinggi tapi tanaman resiko banyak yang rontok diserang hama,” tutur dia.

Sejumlah antisipasi sudah dilakukan petani, mulai dari penggunaan obat-obatan hingga penyemprotan tanaman cabe dengan menggunakan sabun cuci. Upaya terakhir tersebut dilakukan untuk menghindarkan lalat buah hinggap pada cabe agar tidak busuk. Hanya saja, meski sudah seringkali disemprot, namun kendala seringnya turun hujan deras membuat pengobatan kurang efektif.

Sementara itu harga cabe diprediksi terus meningkat hingga musim panen raya beberapa bulan ke depan. Ali, salah satu pedagang sayuran mengatakan tren kenaikan harga diperkirakan hingga Januari mendatang.

“Berdasarkan pengalaman sampai Januari harga cabe biasanya cukup tinggi,” imbuh dia. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top