HAMA WERENG BERHASIL DIATASI

Posted in Informasi
Posted on: August 11th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Serangan hama wereng pada areal pertanian di Boyolali yang sempat merebak beberapa waktu lalu, kini sudah bisa dikendalikan. Dibandingkan sata serangan pada bulan Mei kemarin, saat ini luasan serangan wereng sudah berkurang signifikan.
Kepala Dinas Pertanian Boyolali, Bambang Jiyanto, mengungkapkan, serangan hama wereng yang tersisa saat ini hanya sekitar 5 persen saja dari 20.000 hektare luasan pertanian di Boyolali. Itu pun, serangan wereng yang tersisa sifatnya hanya pada spot-spot tertentu saja.
“Sudah jauh berkurang, tinggal sekitar 5 persen saja dan itu pun spot-spot saja,” ungkap dia pekan kemarin.
Berkurangnya serangan hama wereng ini lanjut dia, tidak lepas kesigapan petugas di lapangan serta pengawasan para petani. Termasuk di antaranya dengan upaya penyemprotan pestisida secara konstan.
Penanganan hama wereng ini menurut Bambang juga dilakukan secara terpadu bersama sejumlah Pemkab tetangga, yakni Pemkab Klaten dan Sukoharjo yang berbatasan dengan Boyolali. Dengan langkah antisipasi di kawasan segitiga emas pertanian, Boyolali-Klaten-Sukoharjo ini, pengendalian hama dapat dilakukan lebih efektif.
“Untuk obat-obatan, kami mendapat bantuan pestisida dan obat dari laboratorium di Palur,” kata Bambang.
Dikatakannya, peralihan musim ke musim kemarau ini memang berpotensi menimbulkan serangan hama, termasuk wereng. Namun dengan antisipasi yang dilakukan, serangan wereng berhasil diatasi sehingga tidak meluas.
Serangan hama wereng beberapa waktu lalu terjadi di sejumlah wilayah di Boyolali, terutama di wilayah sentra padi seperti wilayah Kecamatan Banyudono. Tercatat, serangan hama wereng ini mulai terjadi sejak April lalu.
Serangan wereng selama ini cukup sulit dikendalikan dan cukup ganas merusak tanaman padi. Pasalnya, hama wereng ini menyerang tanaman di semua usia yang ada dalam satu kawasan. Sebagai hewan terbang, hama ini cukup mudah menular dan menimbulkan kerusakan cukup cepat. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top