H – 4 IDUL FITRI TRUK DILARANG MELINTAS DI JALAN

H – 4 IDUL FITRI TRUK DILARANG MELINTAS DI JALAN
Posted in Informasi
Posted on: June 20th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Mulai H-4 lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali melarang semua jenis truk selain muatan sembako dan bahan bakar minyak (BBM). Aturan ini diberlakukan agar tidak mengganggu kelancaran arus mudik 2017.
“Khusus untuk truk pasir sejak H-7 kemarin sudah dilarang melintas,” ungkap Didik Prihanto, Kabid Keselamatan Sarana dan Prasaran Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali.
Terkait aturan ini, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada sopir maupun pengusaha angkutan. Pihaknya berharap agar ketentuan ini dipatuhi supaya arus mudik, baik di jalur utama maupun alternatif bisa berjalan lancar. Di sisi lain, jika ada sopir truk yang nekat, akan ditindak tegas oleh petugas.
Didik menegaskan, hanya truk muatan sembako dan BBM yang diizinkan melintas di jalan. Selain itu juga terdapat truk dengan muatan khusus seperti muatan susu, hantaran pos, maupun kendaran khusus pengangkut sepeda motor serta peserta mudik gratis, yang juga diizinkan melintas.
Selain ketentuan larangan, pihaknya juga melakukan pengecekan kendaraan angkutan umum, baik angkuta, bus pedesaan, maupun bus penumpang lain di lingkup Boyolali. Pengecekan dilakukan guna memastikan kendaraan laik jalan agar aman bagi para pemudik dan penumpang. Kendaraan yang lolos pengecekan dan dinyatakan laik jalan, kemudian ditempel stiker laik jalan untuk angkutan lebaran.
“Kami optimis lebaran ini arus mudik dan balik di wilayah Boyolali akan lancar,” kata dia.
Sementara itu, terkait jumlah armada angkutan lebaran, sesuai data di Dishub Boyolali terdiri dari 302 unit bus antar kota dalam provinsi (AKDP), dengan kapasitas angkut total sebanyak 7.550 kursi per hari. Selain itu untuk angkutan pedesaan sebanyak 312 unit dengan kapasitas 6.240 kursi per hari, serta bus pariwisata sebanyak 63 unit dengan kapasitas angkut 2.835 kursi per hari.
“Juga masih ada angkutan kota sebanyak 38 unit dengan kapasitas angkut 1.520 kursi per hari dan taksi 95 unit atau 525 kursi per hari,” imbuh dia. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top