GUBERNUR GANJAR PETIK PERDANA TEMBAKAU

GUBERNUR GANJAR PETIK PERDANA TEMBAKAU
Posted in Informasi
Posted on: August 4th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo memetik tembakau pertama dalam musim panen tembakau tahun ini. Petik perdana panen daun tembakau tersebut, dilakukan Ganjar dalam tradisi Tungguk Tembakau, yang digelar petani di lereng Merapi-Merbabu, Kamis (3/8).
Tradisi Tungguk Tembakau ini diawali dengan kirab para petani di wilayah Kecamatan Selo dan Ampel menuju Makam Gunungsari, Desa Senden, Kecamatan Selo. Saat kirab, para petani dengan membawa tumpeng serta aneka makanan. Kemudian setelah melakukan doa bersama, makanan tersebut pun dibagikan ke seluruh peserta.
Usai kenduri tersebut, pemetikan daun tembakau secara perdana untuk menandai musim panen tembakau tahun ini, dilakukan Gubernur Ganjar. Daun tembakau yang dipetik, berikut sebagian tumpeng itu kemudian dikirab kembali, turun ke pedukuhan terdekat. Kirab pun berlangsung meriah, apalagi juga diramaikan dengan penari reog.
Ritual Tungguk Tembakau, semula menurut salah satu sesepuh Desa Senden, Suraji Siswo Pawiro (78), merupakan acara tradisi yang dilakukan turun temurun. Hanya saja, sebelum ini kegiatan ritual tersebut digelar di lingkup dukuh saja. Tetapi saat ini, tradisi tersebut berkembang dan diikuti petani-petani tembakau yang ada di lereng Merapi-Merbabu.
“Selain dari Selo, juga sebagian dari Ampel,” tutur dia.
Ketua panitia acara, Dwi Kristanto menambahkan, kegiatan tradisi Tungguk Tembakau yang diselenggarakan Sanggar Budi Rahayu bekerja sama dengan Pemerintah Desa Senden ini, merupakan wujud rasa sukur kepada Tuhan atas tumbuh suburnya tembakau di daerah mereka dan sekitarnya. Selain itu, tradisi Tungguk Tembakau ini juga diselenggarakan untuk melestarikan kebudayaan dan tradisi lokal dan mengembangkan sektor pariwisata.
“Kami ingin meningkatkan rasa cinta pada tradisi dan kebudayaan yang ada, mengembangkannya sebagai bagian aset kekayaan budaya,” terang dia.
Sementara itu dalam kesempatan itu, Gubernur Ganjar yang hadir dalam kegiatan tersebut berpesan agar para petani bisa memanfaatkan dengan baik hasil penjualan panen tembakau. Menurut Ganjar, para patani diharapkan bisa menabung sebagian dari hasil panen. (AR)
Klik image untuk melihat album

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top