GROUNDBREAKING JALUR KERETA API BANDARA MENJADI MODA TRANSPORTASI BARU BAGI MASYARAKAT

GROUNDBREAKING JALUR KERETA API BANDARA MENJADI MODA TRANSPORTASI BARU BAGI MASYARAKAT
Posted in Headline
Posted on: April 8th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI – Akses transportasi menuju Bandara Adisumarmo di Boyolali akan semakin lengkap dengan moda kereta api. Konsep pengelolaan antar moda transportasi yang diharapkan dapat segera dilaksanakan pada 2018 ini bisa memberikan efisiensi pelayanan bagi masyarakat. Hal tersebut dijelaskan Presiden Joko Widodo saat groundbreaking kereta api Bandara Adisumarmo, Boyolali, Sabtu, (8/4).
“Di negara maju, setelah turun dari pesawat menuju terminal airport, turun ke lift sudah ada kereta yang hendak ke mana saja. Efisiensi kepada masyarakat, tidak macet dan murah,” katanya.
Presiden juga menyampaikan, konsep pengelolaan antar-moda transportasi tersebut membuat waktu perjalanan makin efisen.
Pembangunan rel kereta Api di Bandara Internasional Adisumarmo Boyolali ditargetkan bisa selesai dalam dua tahun.
Groundbreaking oleh Jokowi ini sebagai penanda akan segera dimulainya proyek pembangunan rel kereta api sepanjang 13,5 kilometer. Jalur kereta api tersebut menghubungkan antara Bandara Adisumarmo dengan Stasiun Solo Balapan.
“Target 2018, jadi tidak sampai dua tahun harus rampung. Kalau tidak segera dimulai ya enggak rampung,” imbuh Presiden Jokowi. Pihaknya juga meminta terminal juga harus segera dimulai, serta runway juga. Sementara keretanya INKA juga harus dikerjakan di pabriknya di Madiun.
Dengan kereta api bandara bisa menghemat waktu tempuh dari Solo menuju bandara sekitar 15 menit. Selain itu, akan ada empat kereta di jalur ini dengan daya tampung kurang lebih 200 penumpang.
Sementara untuk kendala yang dimungkinkan menjadi hambatan yakni lahan yang belum dibebaskan. Untuk itu Presiden meminta Gubernur dan Bupati untuk bisa mengatasinya.
Disinggung tentang permasalahan tersebut, Bupati Boyolali segera menjalankan perintah Presiden Jokowi dalam pembebasan lahan yang berada di wilayah Boyolali.
“Siap dan langsung bertindak, karena 2018 harus selesai,” ungkap Bupati Boyolali, Seno Samodro singkat.

 

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top