GIATKAN BUDAYA MEMBACA MELALUI LOMBA BERCERITA

GIATKAN BUDAYA MEMBACA MELALUI LOMBA BERCERITA
Posted in Headline
Posted on: April 19th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI –Benar adanya arti pepatah yang mengatakan buku adalah jendela dunia. Melalui membaca buku atau bahan literasi lainnya dapat diperoleh ilmu pengetahuan dan mampu membuka wawasan. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas hidup dan menjauhkan dari jurang kebodohan. Guna hal tersebut Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Boyolali menggelar Lomba Bercerita Bagi Siswa SD/MI Tingkat Kabupaten Boyolali, Selasa (18/4) di Aula SMKN 1 Mojosongo.

Kegiatan bercerita berawal dari membaca dan mendengarkan. Dalam rangka untuk menumbuhkan budaya membaca inilah kegiatan tersebut digelar. Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Boyolali, Sugiyanto ketika memberikan sambutannya mewakili Bupati Boyolali sebelum lomba. “Kemampuan bercerita dipastikan didahului dengan membaca dan mendengarkan. Orang pintar dan berhasil diawali dengan gemar membaca,” ungkap Sugiyanto.

 Selain itu Sugiyanto menyampaikan, dengan membaca diharapkan bisa menumbuhkembangkan minat baca serta menanamkan cinta budaya bangsa. Untuk itu pihaknya berharap budaya membaca ini bisa dipupuk karena bisa sebagai sarana memperkuat jati diri bangsa.

 Sementara Kepala Dinas Arpus Boyolali, Djoko Prasetyo menerangkan lomba ini diikuti peserta yang telah menjalani seleksi di tingkat kecamatan. “Peserta berjumlah 19 siswa hasil seleksi tingkat kecamatan di Kabupaten Boyolali,” terang Djoko. Selanjutnya Djoko menambahkan, pemenang lomba ini berhak mewakili Kabupaten Boyolali dalam lomba di tingkat Provinsi pada 4 Mei 2017 mendatang di Semarang.

 Dengan melibatkan lima juri dari unsur pemerhati bahasa dan budaya di Boyolali, bagi pemenang juara I hingga III dan harapan I sampai III berhak memperoleh hadiah berupa uang pembinaan, trophi dan piagam.

 Di sisi lain, salah satu peserta, Mahatma Septiadam Dutabuana juga mengungkapkan kesenangannya dalam membaca. Siswa kelas V MI Modern Bani Adam Boyolali ini selalu membaca dan memahami bercerita setiap hari dan untuk mengikuti lomba ini. “Saya membaca dan bercerita setiap hari di sekolah dan di rumah juga,” ungkap siswa yang membawakan cerita Rara Jonggrang ini.

Sementara dari pihak sekolah juga terus memberikan motivasi bagi siswa yang bercita-cita menjadi dosen ini. Guru pembimbing secara terus menerus meningkatkan kemampuan dalam penjiwaaan, artikulasi dan ekspresi serta suara siswa warga Kebongulo;Musuk ini.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top