GERAKAN 18.21 UNTUK TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

GERAKAN 18.21 UNTUK TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
Posted in Informasi
Posted on: February 16th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Menyanbut pelaksanaan Ujian Nasional (UN)  yang akan digelar dalam beberapa bulan ke depan, satu langkah ditempuh jajaran pemangku kepentingan di Kecamatan Banyudono, Boyolali,  Kamis (16/2). Sebuah gerakan yang merupakan salah satu wujud tanggung jawab terhadap kegiatan pendidikan di wilayah Banyudono. “Mau menghadapi Ujian Nasional perlu adanya peningkatan mutu pendidikan di Banyudono, diperlukan peran orang tua dan masyarakat,” terang Kepala SMA Negeri 1 Banyudono, Suyanta, dalam peluncuran Gerakan 18.21 di sekolah setempat. Pihaknya juga menegaskan bahwa urusan pendidikan tidak hanya tanggung jawab sekolah, namun juga perlu peran orang tua dan masyarakat.

 Lebih lanjut Suyanta menambahkan, Gerakan 18.21 merupakan kegiatan yang akan mewajibkan siswa untuk belajar di rumah mulai pukul 18.00 hingga 21.00 WIB. Alasan lain yakni pelajar saat ini sudah terbiasa memainkan ponsel serta menoton televisi pada jam belajar tersebut. Gerakan belajar 18.21 ini melibatkan stakeholder, semua komponen. Sebagai ujung tombaknya adalah masyarakat dan orang tua, sementara pihak sekolah hanya sebagai pendorong.

 Teknis pelaksnaan kegiatan ini diawali dengan sosialsiasi pada semua warga di Banyudono melalui Kepala Desa setempat dan unsur PKK. Selain itu akan ada tim kecamatan yang akan berkeliling memonitor gerakan ini pada jam tersebut.

 “Apabila nanti ada anak usia sekolah nongkrong di luar rumah, diminta kembali ke rumah untuk belajar dan akan kita beritahu orang tuanya,” imbuh Suyanta. Hal ini juga diharapkan dapat menekan kenakalan remaja.

 Sementara wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat mengapresasi kegiatan ini sebagai salah satu wujud kepedulian pada pendidikan dalam menyiapkan generasi Indonesia yang cerdas. “Langkah ini harus diapresiasi, di Banyundono yang mengawali gerakan 18.21,” ungkap Wabup. Untuk itu pihaknya berpesan kepada pelajar untuk belajar dengan sungguh-sungguh dalam belajar dan manjadikan buku sebagai kawannya.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top