GELIAT INOVASI DATANG DARI  DESA BANYUANYAR

Posted in Informasi
Posted on: December 13th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI – Desa Banyuanyar saat ini  menjadi salah satu desa di Kecamatan Ampel semakin maju dan menggeliat. Desa ini kini mengalami perkembangan yang sangat  signifikan. Dari segi infranstruktur, pengelolaan sumber daya hingga pariwisata. Berbagai inovasi telah dilakukan oleh Pemerintah Desa setempat hingga berhasil mengantar desa ini menjadi salah satu desa yang tergolong berhasil dalam mengelola sumber daya manusia maupun alam.
Potensi lokal Banyuanyar ini tergabung dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bekerjasama dengan beberapa UMKM, diharapkan mampu menampung hasil produksi.
“Desa akan berinovasi untuk membentuk suatu BUMDes jadi semua hasil baik itu produk susu, produk kopi, produk pakan ternak akan dikembangkan melalui BUMDes ini,” jelas Camat Ampel, Siti Askariyah yang ditemui di Kantor Kecamatan Ampel, Senin (11/12).
Sebagai salah satu desa penghasil susu di Boyolali, Banyuanyar menyumbang ribuan liter susu segar setiap harinya. Selain produksi susu yang dihasilkan, peternakan sapi ini juga mampu memberikan ruang tersendiri untuk berinovasi bagi warganya. Susu sapi yang dihasilkan tidak hanya berupa susu segar, akan tetapi juga mampu dijadikan berbagai olahan makanan seperti yoghurt dan es krim susu.
Selain usaha ternak sapi, di Dusun Ngemplak menyimpan potensi kopi berkualitas tinggi di Boyolali. Tak hanya kopi yang diproduksi bahkan limbah kopi dicampur bahan limbah organik lainnya berhasil diubah menjadi konsentrat pakan sapi berkualitas tinggi bahkan melebihi pakan produksi pabrik.
“Karena semua dukuh di Banyuanyar sudah terintegrasi dimana nantinya hasil pembuangan masih bisa dimanfaatkan,” ungkap Sekretaris Desa Banyuanyar, Sriyono.
Sriyono memberi contoh hasil buangan ternak sapi bisa dimanfaatkan untuk biogas.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top