FESTIVAL REOG DI HARI KESAKTIAN PANCASILA

Posted in Agenda
Posted on: September 26th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (HKP) di Boyolali pada 1 Oktober mendatang, akan diselenggarakan dengan nilai keberagaman tradisi dan budaya, di antaranya dengan Festival Reog Bhayangkara Boyolali.
Ratusan kelompok reog, barongsai, hingga Marching Band SMA Taruna Nusantara, nantinya terlibat dalam festival tersebut. Menurut Panitia Festival, Ribut Budi Santoso, nilai keberagaman tradisidan budaya sengaja dipilih untuk peringatan HKP sebagai lambing kekokohan bangsa.
Selain reog lanjut dia, juga akan ditampilkan pula puluhan kelompok kesenian lokal seperti kuda kepang, jathilan‎, musik campur sari, kethoprak yang dimainkan oleh perangkat desa dan lurah se-Boyolali. Tak hanya itu, dalam perhelatan ini juga akan disajikan berbagai kuliner lokal supaya lebih dikenal masyarakat.
Ribut menjelaskan, nilai keberagaman diharapkan dapat tercermin dalam peringatan HKP. Tujuannya adalah untuk menjaga Pancasila dan kebhinekaan. Di sisi lain, kegiatan festival juga dimaksudkan untuk menjaga kelestarian budaya dan tradisi lokal. Apalagi di Boyolali sendiri, terdapat ratusan kelompok kesenian daerah dari berbagai jenis. Kelestarian budaya kesenian ini menurut Ribut patut dijaga sebagai kekayaan  budaya. Dengan berbagai kegiatan festival seni dan budaya ini, juga diharapkan mampu mendorong kelompok seni untuk tetap berkreasi dan semakin berkualitas.
Sementara itu untuk rute festival budaya ini akan dilangsungkan di sepanjang Jalan Pandanaran dengan panggung utama di kawasan Simpang Lima. Nantinya, saat kegiatan berlangsung akan ada pengalihan arus lalu lintas agar tetap lancar. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top