FESTIVAL BARONGSAI PUKAU WARGA BOYOLALI

FESTIVAL BARONGSAI PUKAU WARGA BOYOLALI
Posted in Informasi
Posted on: February 11th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Suasana hujan tak menyurutkan niat warga Boyolali untuk menikmati hiburan Festival Barongsai yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dalam tajuk Boyolali Imlek Nusantara. Kegiatan ini diawali dengan kirab yang diikuti para peserta festival dengan rute dari Rumah Dinas Bupati Boyolali di Jalan Merbabu dan finish  di Gedung Balai Sidang Mahesa, Jumat (10/2) sore. Di sepanjang rute yang ditempuh, warga memadati kanang-kiri jalan untuk menyaksikan secara langsung barongsai yang untuk kali pertama diusung oleh Pemkab Boyolali.

Kemudian di Balai Sidang Mahesa, setiap kelompok barongsai melanjutkan tampilan atraksi di gedung yang sudah dihias dengan nuansa oriental penuh dengan lampu lampion dan interior bercorak dominan merah. Sebanyak enam grup barongsai dari Purbalingga, Kudus, Salatiga, Magelang,  Semarang serta Solo benar-benar menghibur ribuan warga yang penuh sesak memenuhi ruangan. “Saya sangat senang ada festival Barongsai di Boyolali, sangat menghibur dan menarik. Semoga menjadi acara tahunan,” ungkap Yanti (33), warga Pulisen yang datang bersama buah hatinya. Selain itu Yanti mengungkapkan, selama ini hanya melalui televisi atau harus ke daerah lain untuk bisa melihat suguhan atraksi barongsai.

Sementara itu Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat dalam sambutannya menyampaikan selamat datang bagi para peserta festival yang berasal dari berbagai daerah di luar Kota Boyolali, “Saya ucapkan selamat datang bagi kelompok barongsai. Selamat datang di tanah Boyolali, tanah kita semua yang juga tanah Republik Indonesia,” ungkap Said Hidayat. Selain itu Wabup meminta untuk menjaga stabilitas, dan semangat persaudaraan serta persatuan. Hal itu diungkapkan sebagai salah satu cara untuk menggapai tujuan yang sama dalam membangun Boyolali sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Boyolali.

Selain barongsai juga disuguhkan hiburan pendukung lainnya seperti kelompok Duta Seni Boyolali, musik oriental dan suguhan atraksi wushu. Kedatangan barongsai di Boyolali ini tidak disia-siakan warga Boyolali. Ketia beratraksi, barongsai berinteraksi dengan pengunjung, sementara beberapa pengunjung tampak memberikan sejumlah angpao ke berupa amplop merah yang biasanya berisi uang. Sementara setelah usai acara, warga merangsek ke depan panggung mendekat barongsai untuk mengajak berfoto bersama barongsai.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top