EMBUNG MUSUK-2 SUMBANG SUPLAI AIR BERSIH PUDAM BOYOLALI

EMBUNG MUSUK-2 SUMBANG SUPLAI AIR BERSIH PUDAM BOYOLALI
Posted in Informasi
Posted on: February 9th, 2018 Oleh Administrator

BOYOLALI – Seiring dengan berfungsinya embung Musuk-2, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Ampera Boyolali memperoleh pasokan air bersih baru. Embung ini merupakan pengembangan embung pertama yang sudah bisa difungsikan Senin (5/2) berada di Desa/Kecamatan Musuk.

Menurut pantauan pada Rabu (7/2), kondisi embung ini terisi air dengan elevasi air sedalam 2,8 meter. Usai dibangun, debit air saat ini sudah mulai terisi air hujan. Dirut PUDAM Tirta Ampera Boyolali Cahyo Sumarso menyambut gembira dengan selesainya proyek embung Musuk-2. Embung tersebut sepenuhnya dibangun oleh pemerintah pusat dan setelah selesai diserahkan kepada PUDAM.

“Proses pembangunan termasuk besaran anggaran sepenuhnya ditangani pusat. Kami hanya menerima proyek jadi,” terangnya. Sebelum embung difungsikan sudah dilakukan ujicoba.

Ternyata, setelah diisi air, terdapat sejumlah kebocoran membran atau lapisan penutup dasar embung. Akibatnya, air yang masuk ke dalam embung meresap cepat lewat lubang membran. “Akhirnya, embung dikeringkan lagi dengan membuka pintu pembuangan air untuk mempermudah penambalan lubang,” papar dia.

Embung Musuk-2 bakal meningkatkan pasokan air bersih kepada para pelanggan PUDAM. Embung Musuk 2 total bisa menampung air sebanyak 700.000 meter kubik. Sehingga saat puncak kemarau, pihaknya tidak khawatir bakal kehabisan pasokan air.

Selama ini, pasokan air hanya mengandalkan embung Musuk-1 untuk melayani 4.000 pelanggan. Saat puncak kemarau, air embung Musuk-1 terus menyusut sehingga pengeluaran air harus dihemat.

“Namun dengan difungsikannya embung Musuk-2, pasokan air kepada pelanggan dijamin bakal semakin lancar,” katanya.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top