E-VOTING SUKSES DIGELAR PADA PILKADES GLINTANG

 E-VOTING SUKSES DIGELAR PADA PILKADES GLINTANG
Posted in Informasi
Posted on: January 18th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI –Pilkades dengan metode e-voting kembali sukses di gelar di Desa Glintang,  Sambi,  Rabu (18/1). Ribuan warga desa tersebut berbondong-bondong menuju ke balai desa untuk menyalurkan hak pilih mereka.  Satu diantaranya meski telah berusia lanjut dan harus dipapah, Rumenah,  mendatangi balai desa setempat untuk memberikan suaranya. Warga dusun Tretes itu mengikuti proses Pilkades bersama dengan keponakannya, Edi Purnomo. Saat di Ruang Pemungutan Suara (RPS), Rumenah penasaran ingin mengetahui proses Pilkades dengan sistem elektronik ini, meskipun dalam proses memilih dibatu Edi dengan menggunakan Surat Pendampingan dari panitia. Pilkades e-voting menggunakan perangkat elektronik, berbeda dengan sistem manual dengan cara mencoblos.

Tak hanya Rumenah dan Edi Purnomo yang antusias datang ke Balai Desa. Ribuan warga lainnya berbondong berpartisipasi dalam pesta demokrasi tingkat Desa ini. Dalam memberikan suaranya pada Pilkades e-voting ini, pemilih wajib membawa surat undangan dari panitia. Selanjutnya pemilih menyerahkan surat undangan, untuk divalidasi dan ditukarkan dengan smart card. Tahapan selanjutnya menyerahkan smart card itu kepada petugas card reader, pemilih kemudian menuju bilik suara. Di dalam bilik, pemilih hanya menekan gambar salah satu calon yang dipilih kemudian menekan tombol “Ya” pada layar. Setelah itu akan keluar struk kertas yang harus dimasukkan dalam kotak audit. Tahap akhir dari pilkades e-voting dengan mencelupkan jari ke tinta yang menandakan warga telah berpartisipasi dengan menggunakan suaranya.

Pilkades Glintang ini diikuti dua calon yakni Darno dan Adhi Yuliantoro yang memperebutkan suara sebanyak 2210 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari waktu yang ditentukan dari jam 08.00 hingga 14.00 WIB, perhitungan suara dilakukan dengan hasil Darno memperoleh 1165 suara dan Adhi Yuliantoro dengan 393 suara. Dengan demikian Darno yang merupakan incumbent memenangi Pilkades dan berhak menjadi Kades enam tahun ke depan. Dari hasil rekap panitia, pemilih yang hadir dalam Pilkades ini sebanyak 1564 atau lebih dari 71 persen.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top