DUTA SENI DAN MISI KEBUDAYAAN LUAR NEGERI KEMBALI DIKIRIMKAN

DUTA SENI DAN MISI KEBUDAYAAN LUAR NEGERI KEMBALI DIKIRIMKAN
Posted in Informasi
Posted on: January 25th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali kembali akan mengirimkan kontingen Duta Seni dan Misi Kebudayaan ke luar negeri.Kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Boyolali ini dengan tujuan lawatan diwacanakan akan melakukan lawatan ke Wina; Austria dan Instanbul Turki pada bulan Juli atau Agustus mendatang.

 “Duta Seni dan Misi Kebudayaan tahun ini direncanakan akan dilaksanakan dua kali. Untuk yang umum dengan tujuan Moscow dan yang reguler di Wina dan Istanbul,” jelas Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Budi Prasetyaningsih mewakili Kepala Disdikbud Boyolali, Abdul Rahman di kantornya, Rabu (25/1).

 Lebih lanjut Ning, sapaan akrab Budi Prasetyaningsih menjelaskan Duta Seni dan Misi Kebudayaan umum di Rusia diagendakan dalam rangka undangan dari Kedutaan Besar Indonesia di Rusia yang diikuti peserta dari alumni duta seni tahun 2013 hingga 2016 yang terlebih dahulu dilakukan seleksi. Sementara untuk yang reguler merupakan kegiatan rutin tahunan yang diikuti pelajar Boyolali yang telah diwacanakan Bupati Boyolali sejak tahun 2013 silam.

 Untuk tahap awal pelaksanaan duta seni, pihaknya telah mensosialisasikan kepada sekolah setingkat SMA/SMK dan MA di Boyolali dan pemasangan atau pembuatan media publikasi seperti selebaran dan spanduk. Dari hasil audisi nantinya peserta Duta Seni dan kebudayaan tersebut merupakan putra-putri terbaik Boyolali yang memiliki kesempatan ke luar negeri demi memperkenalkan budaya Boyolali.

Kriteria peserta duta seni disyaratkan pelajar kelas X di SMA/SMK/MA di Boyolali dan tercatat sebagai penduduk Boyolali. Syarat lain dilengkapi dengan surat keterangan dari sekolah yang bersangkutan, fotokopi kartu pelajar dan akte kelahiran serta kartu keluarga dan mengisi formulir pendaftaran. Pendaftaran di Bidang Kebudayaan Disdikbud Boyolali dari tanggal 23 Januari hingga 2 Februari mendatang.

Setelah proses pendaftaran akan dilakukan seleksi tertulis dengan materi tentang Boyolali, seni budaya, nasionalisme dan psikologi logika. Sementara untuk wawancara  dengan materi integritas, kapasitas, komunikasi, bahasa tubuh dan multi talent. Kemudian tahapan selanjutnya yakni asah bakat, kemah serta harus mengikuti proses karantina dan pelatihan demi persiapan yang matang.

“Dibutuhkan mental dan daya juang yang tinggi. Para peserta harus memiliki semangat kuat baik dan tidak boleh manja,” imbuh Ning.

Pengiriman duta seni dan misi kebudayaan seperti disampaikan Bupati Boyolali, Seno Samodro dalam berbagai kesempatan bertujuan untuk membentuk pola pikir dan membuka cakrawala pelajar Boyolali.

Sebagai informasi bahwa pengiriman duta seni tahun 2017 ini merupakan yang kelima. Pertama pada tahun 2013 di sejumlah negara Eropa yaitu Belanda, Perancis dan Italia. Kemudian untuk tahun 2014 dengan lawatan ke Negara Amerika dan Kanada, sementara untuk tahun 2015 ke Tiongkok dan Hongkong dan tahun 2016 melawat ke Dubai dan Moscow.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top