DUA PULUH RIBU APEM KUKUS KEONG MAS LUDES DIBAGIKAN

DUA PULUH RIBU APEM KUKUS KEONG MAS LUDES DIBAGIKAN
Posted in Informasi
Posted on: November 18th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI – Memasuki Jumat terakhir di Bulan Sapar [kalender penanggalan Jawa], tradisi Sebaran Apem Kukus Keong Mas digelar. Sebanyak 20.000 apem kukus keong mas yang dibagi dalam dua gunungan dipersiapkan untuk disebar, Jumat (17/11).
Ritual diawali dari Kantor Kecamatan Banyudono, kedua gunungan tersebut didoakan terlebih dahulu dan selanjutnya dikirab bersama para prajurit dan abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta. Diiringi marching band dan paskibra, kedua gunungan tersebut dikirab dan disebar di kawasan Masjid Ciptomulyo serta di pertigaan Pasar Pengging. Kondisi cuaca yang diguyur hujan deras ini tidak menyurutkan antusias masyarakat untuk ngalap berkah dari ritual ini.
Ketua panitia penyelenggara, Sri Sadono mengatakan bahwa ritual ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang dimaksudkan agar dapat memupuk masyarakat agar merasa handarbehi terhadap budaya yang ada dan berkembang di tengah – tengah masyarakat. Selain itu juga mendorong dan mengembangkan potensi pariwisata terutama yang berada di wilayah Pengging.
“Ritual ini lebih mengajak masyarat agar tetap peduli terhadap kelestarian budaya sebaran apem kukus keong mas,” ujar Sri Sadono.
Sementara Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, S. Paryanto sangat mendukung adanya kegiatan yang mengusung tentang budaya nenek moyang ini. Sebagai salah satu wujud upaya untuk menjaga dan melestarikan sekaligus untuk mempromosikan pariwisata Pengging.
“Saya mangayubagyo kegiatan ini, supaya bisa dikembangkan dan dilestarikan budaya nenek moyang kita,” ungkapnya.
Melalui sebaran apem ini, masyarakat rela berdesakan dalam guyuran hujan demi bisa mendapatkan berkah dari apem yang disebar.

Salah satu pengunjung, Lestari rela datang jauh dari Kecamatan Mojosongo hanya untuk mendapatkan apem keong mas. “Saya dapat satu. Meskipun satu yang penting saya berharap mendapat berkah,” ujarnya.

 

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top