DUA KLOMTAN BOYOLALI TERIMA HIBAH SAPI UNGGUL

DUA KLOMTAN BOYOLALI TERIMA HIBAH SAPI UNGGUL
Posted in Informasi
Posted on: March 20th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Sebanyak 10 ekor sapi perah diberikan bagi dua kelompok tani (klomtan) di Boyolali yang merupakan hibah dari Kementerian BUMN. Sapi hibah merupakan hasil pengembangan Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Baturraden. Klomtan yang beruntung memperoleh ini yakni Kelompok Tani (Klomtan) Ringinsari I Desa Penggung;Kecamatan Boyolali dan Klomtan Rukun Tani Desa Sumur;Kecamatan Musuk. Masing-masing klomtan memperoleh lima ekor sapi yang diserahkan pada Senin (20/3) siang, di rumah Suroso, warga Dukuh Mulyosari, Penggung, Boyolali.

Selain bibit unggul postur gemuk, semua sapi dalam kondisi bunting antara tiga hingga enam bulan yang dibuktikan dengan sertifikat. Sertifikat itu diserahkan BBPTU-HPT Baturraden kepada Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat.

Pada kesempatan itu pula diserahkan bibit pohon dan rumput yang bisa dijadikan sumber makanan ternak bernutrisi tinggi. Pohon indigofera dan rumput odot merupakan sumber pakan ternak yang memiliki kandungan nutrisi hingga 27 % jika dibanding konsentrat yang hanya 11-13 %. Bibit sumber pakan ternak ini diharapkan bisa ditanam di Boyolali dan bisa menunjang pakan ternak di Boyolali karena mudah dibudidayakan untuk bisa meningkatkan produktifitas peternakan. Selain itu bisa pula mendukung pembentukan BUMD perususuan di Boyolali. Pihak BBPTU-HPT memberikan kesempatan bagi Pemkab Boyolali dan klomtan untuk mengembangkan tanaman pakan ternak ini dengan mengambil bibitnya di BBPTU-HPT Baturraden.

Sementara Wabup Boyolali menyampaikan apresiasi atas perhatian Kementerian BUMN bagi perkembangan sapi di Boyolali, “Terima kasih kepada Kementerian BUMN yang penuh perhatian kepada petani di Kabupaten Boyolali,” ungkap Said. Pihaknya juga meminta klomtan untuk menjaga ternak sehingga dapat meningkatkan nilai produksi yang lebih baik.

“Bantuan sapi ini untuk tidak djual tapi dikembangkan. Semoga dapat meningkatkan produksi sapi perah maupun sapi potong untuk terus berkembang dan terjaga di Kabupaten Boyolali,” imbuh Wabup.

Pada kesempatan yang sama, salah satu klomtan yang menerima bantuan sapi, Klomtan Ringinsari I, melalui ketuanya, Supriyanto mengungkapkan rasa bahagianya. “Kami sangat senang memperoleh bantuan sapi ini. Saat ini anggota kami 28 orang dan semoga sapi bantuan ini dapat berkembang,” harap Supriyanto. Untuk perawatan sapi hibah ini, pihaknya akan menerapkan sistem bergilir bagi setiap anggota yang diberi kesempatan untuk merawat selama tiga bulan. Selanjutnya apabila telah beranak, juga akan dikembangkan untuk kelompok.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru

Back to Top