DISPERMASDES BOYOLALI GELAR BURSA INOVASI DAERAH

DISPERMASDES BOYOLALI GELAR BURSA INOVASI DAERAH
Posted in Informasi
Posted on: December 19th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI – Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskinan melalui pemanfaatan potensi desa. Program ini dimaksudkan untuk menyediakan media layanan maupun konsultasi kepala desa dalam mengembangkan inovasi di desa. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali selaku yang ditunjuk Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) untuk percepatan Program Inovasi Desa (PID) menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) di Pendapa Sasono Mulyo Wiguno Boyolali, Senin (18/12).
“Pemerintah desa dapat membuat komitmen dalam mengembangkan inovasi yang berkembang di desanya. Selain itu, pemerintah desa juga dapat menuangkan ide kreatif berkaitan dengan inovasi di desanya,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto.
Diterangkan lebih lanjut, BID dimaksudkan untuk mempertemukan atau mengidentifikasikan praktek cerdas yang sudah dilakukan oleh desa atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini ada desa yang tertarik untuk mengembangkan kemudian mereplikasikan kegiatan. Setelah mereplikasi kemudian akan menganggarkan APBDes di tahun berikutnya.
Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat yang meresmikan acara tersebut sangat bangga dengan inovasi desa yang tercipta di wilayah Kabupaten Boyolali. Wabup Said juga berkesempatan mengunjungi stan dari desa, SMK yang memampilkan inovasi. Pemerintah desa didorong untuk mampu mempersiapkan perencanaan dalam penyusunan master plan.
“Potensi di desa mampu untuk dilihat dikelola dalam satu perencanaaan yang baik dalam sebuah masterplan,” ujar Wabup Said.
Alokasi anggaran melalui dana desa mampu dilaksanakan di samping pembangunan infranstruktur tentunya dalam peningkatan sisi perekonomian masyarakat desa. Tidak semua desa memiliki potensi yang sama, maka Wabup mengimbau saat semua potensi desa mampu tergali dengan baik, seluruh desa dapat bekerja sama memajukan wilayahnya masing – masing.
“Setidaknya per-Kecamatan pasti ada satu atau dua desa yang harus disegerakan untuk digerakkan sehingga desa yang lain akan menyesuaikan,” imbau Wabup Said.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top