DISHUB BOYOLALI PASTIKAN SELURUH PJU NORMAL SAAT LEBARAN

DISHUB BOYOLALI PASTIKAN SELURUH PJU NORMAL SAAT LEBARAN
Posted in Informasi
Posted on: June 14th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali memastikan seluruh lampu penerangan jalan umum (PJU), baik di ruas jalan raya maupun di pelosok, dalam kondisi baik menyambut Lebaran.
Kepala Teknik Bidang Lalu Lintas, Dishub Boyolali, Bagyo Sugiyanto, mengatakan pengecekan dan perbaikan dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat maupun pengendara, utamanya yang beraktifitas malam hari.
“Kami upayakan maksimal supaya seluruh PJU normal seluruhnya,” ungkap dia, Rabu (14/6).
Terkait ini, sejak beberapa hari terakhir, petugas Dishub melakukan pengecekan menyeluruh dan melakukan perbaikan PJU yang rusak. Salah satunya yakni perbaikan lampu PJU di jalan raya Solo-Semarang, mulai dari wilayah Ampel hingga Ngasem. Selain itu juga jalan provinsi mulai dari Karanggede hingga Andong maupun Jalan Boyolali-Klaten.
Pengecekan dilakukan secara teliti, satu per satu lampu diperiksa. Jika ditemukan lampu yang tak menyala, petugas pun memeriksa sambungan kabel di masing-masing tiang PJU. Untuk memudahkan pengecekan, petugas menggunakan crane yang disiapkan.
Bagyo menegaskan, perbaikan tidak hanya pada PJU di jalur utama, melainkan juga di jalan-jalan kabupaten lainnya. Diharapkan dengan normalnya PJU, masyarakat dan para pemudik yang melintasi jalur alternatif mendapat penerangan yang cukup. Apalagi menurut Bagyo, jalan di wilayah Boyolali juga merupakan jalur alternatif menuju wilayah Yogyakarta maupun Jawa Timur. Sehingga PJU di jalur-jalur perbatasan juga mendapat periotitas perbaikan mengingat banyaknya pemudik yang lewat.
Kepala Dishub Boyolali, Untung Rahardjo menyebutkan, ada dua tim petugas untuk perbaikan PJU tersebut. Dua tim ini dibagi untuk wilayah barat dan timur, dengan jadwal tugas Senin-Sabtu. Untuk mendukung tugas, Untung juga mengatakan pihaknya sudah menggunakan kendaraan operasional, yakni dua mobil crane.
“Setiap tim dilengkapi crane untuk memudahkan perbaikan baik di jalan kolektor maupun jalan arteri,” jelas dia.
Lebih lanjut Untung mengatakan, masyarakat bila mengetahui ada PJU yang rusak atau mati, diharapkan segera menghubungi bagian pengaduan Dishub Boyolali agar segera diperbaiki. Untung menegaskan, keberadaan PJU ini sangat penting, selain untuk penerangan jalan juga mengantisipasi tindak kriminal maupun kecelakaan lalu lintas di jalan.
Ke depan, untuk memudahkan perawatan PJU, Untung mengatakan pihaknya juga akan menggunakan smart system, yang dapat memonitoring kondisi lampu jalan secara real time. Selain itu, sistem ini juga dapat dimanfaatkan untuk menggendalikan pemakaian daya sehingga lebih efisien. (Ario Bhawono)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top