DIPASANG DRAINASE CELL AGAR BEBAS GENANGAN, ALUN ALUN KIDUL

DIPASANG DRAINASE CELL AGAR BEBAS GENANGAN, ALUN ALUN KIDUL
Posted in Informasi
Posted on: November 17th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Proyek rehab Alun-alun Kidul senilai Rp 1,1 miliar sudah hamper selesai dikerjakan. Uniknya, setelah direhab nantinya kawasan alun-alun akan bebas banjir. Salah satunya lantaran proyek rehab di antaranya dilengkapi dengan drainase cell.

Proyek rehab alun-alun tersebut saat ini progres sudah mencapai sekitar 70 persen dan ditargetkan rampung Desember mendatang. Saat ini pengerukan dan pemerataan areal alun-alun sudah selesai dikerjakan. Pekerja juga sudah memasang lapisan drainase cell di atas lapisan-lapisan lainnya yang sudah dipasang, Kamis (16/11/2017).

“Pengerjaan sudah sekitar 70 persen dan ditargetkan 12 Desember mendatang sudah selesai,” ungkap Kabid Cipta Karya DPU-PR Boyolali, Arif Gunarto.

Proyek rehab alun-alun di antaranya meliputi permukaan yang masih tanah. Sedangkan untuk permukaan alun-alun yang sudah tertutup paving blok tidak dirubah. Proses rehab dilakukan dengan pengerukan tanah sedalam satu meter menggunakan alat berat.

Kemudian, lapisan tanah yang dikeruk digantikan tiga lapisan yakni geotekstill, graflle, dan drainase cell. Baru setelah itu di bagian atas kemudian diberikan lapisan tanah yang subur untuk ditanami rerumputan supaya asri.

Arif Gunarto mengatakan penggunaan tiga lapisan tersebut dilakukan untuk mengupayakan agar alun-alun tidak lagi tergenang terutama saat hujan deras. Hal ini dikarenakan adanya lapisan-lapisan terutama drainase cell yang mampu menyerap air hujan sehingga tidak tergenang di permukaan tanah.

“Rehab ini salah satunya mengupayakan agar alun-alun bebas dari genangan saat hujan,” tegas Arif.

Nantinya, setelah pemasangan tiga lapisan tersebut, alun-alun akan kembali ditutup dengan lapisan tanah yang subur untuk kemudian sebagian ditanami dengan rumput. Penggantian lapisan tanah ini dilakukan mengingat kondisi tanah yang lama tidak subur. Selain ditanami rumput, alun-alun nantinya juga dilengkapi dengan jalur untuk Paskibraka.

Terpisah, proyek rehab Alun-alun Kidul tersebut disambut positif masyarakat. Apalagi selama ini alun-alun menjadi salah satu pusat ruang terbuka bagi warga. Hanya saja saat musim penghujan seringkali alun-alun tergenang.

“Senang kalau diperbaiki dan bebas banjir, soalnya alun-alun selama pemerintahan Pak Bupati Seno Samodro kan untuk ruang publik dan jadi jujugan masyarakat,”tutut Rudi, warga Mojosongo. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top