DINKES REKRUT KADER KESEHATAN “SUKKMA KOBOY”

DINKES REKRUT KADER KESEHATAN “SUKKMA KOBOY”
Posted in Informasi
Posted on: October 12th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Dalam rangka memberdayakan masyarakat, dimana saat ini program kesehatan sudah mulai bergeser, dari pelayanan yang sifatnya pengobatan ke arah pencegahan. Maka Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali menciptakan suatu perubahan agar masyarakat mencintai hidup sehat dengan menggelar kegiatan Workshop Community Development Sukarelawan Kader Kesehatan Muda Komunitas Boyolali (Sukkma Koboy) Tahun 2017, di Azhima Resort and Convention, Ngemplak; Boyolali, Kamis (12/10).

Kegiatan ini merupakan salah satu terobosan Dinkes dengan mengundang serta mengajak sekitar 70 kelompok/komunitas di Boyolali untuk menjadi penggerak di komunitas masing masing dengan memberi wawasan ke mereka.

Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat mengapresiasi langkah Dinkes. Hal ini karena Juli kemarin program Sukarelawan Kader Muda Desa Siaga (Sukmadesi) telah terbentuk dan berjalan lancar.

“Artinya pada tingkatan inilah semoga mampu memberikan suatu langkah positif ketika regenerasi di lini kesehatan melalui sukarelawan mampu dipersiapkan dengan baik. Di dukung oleh unsur komunitas maupun masyarakat secara langsung sehingga langkah ini memberikan dukungan yang positif terhadap langkah Dinkes yang membentuk Sukkma Koboy,” ungkap Wabup.

Wabup juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut untuk kepentingan kesehatan masyarakat dan mensosialisasikan atas pentingnya kesehatan di lingkungan masyarakat Kabupaten Boyolali. Tentunya perlu peran seluruh lini seluruh masyarakat, jika semua lini bergerak maka masyarakat akan sejahtera sesuai dengan Misi Visi Bupati Boyolali dalam rangka Boyolali Sehat.

 “Keterbatasan jumlah pada tenaga kesehatan kami sementara program kesehatan banyak sekali, sehingga kami melakukan rekrutmen kader kesehatan karena penurunan jumlah tenaga,” ungkap Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Lina di sela sela acara.

Harapannya karena kami mempunyai tiga program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan tiga kegiatan penting yakni mengkampanyekan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, mengkampanyekan makan buah dan sayur minimal 600 gram perhari setiap orang, serta dengan melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Sehingga beban pengobatan yang dijalani tidak semakin mahal mengingat semakin hari semakin sehat menjadi mahal harganya. (dst/bet)

 

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top