DINKES REKRUT 1.000 KADER KESEHATAN POSYANDU

Posted in Informasi
Posted on: July 21st, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali menambah 1.000 kader kesehatan Posyandu. Penambahan jumlah kader kesehatan Posyandu tersebut salah satunya karena selama beberapa tahun terakhir jumlah kader berkurang signifikan.
Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Lina dalam sambutan acara pencanangan Sukarelawan Kader Muda Desa Siaga (Sukma Desi) di Gedung Sasono Mulyo Wiguno, Selasa (18/7) kemarin, menyebutkan tahun 2014 silam jumlah kader kesehatan Posyandu di Boyolali mencapai 10.000 kader yang tersebar hingga pelosok pedesaan. Hanya saja saat ini jumlah kader kesehatan tersebut tinggal 6.900 orang.
“Jumlah kader kesehatan Posyandu banyak berkurang terutama karena faktor usia lanjut sehingga tidak bisa aktif lagi dalam kegiatan,” ungkap Lina.
Menyikapi berkurangnya jumlah kader kesehatan tersebut, pihaknya pun merekrut 1.000 kader Sukma Desi untuk menambah kader kesehatan yang tersebar di desa-desa. Penambahan kader kesehatan tersebut lanjut Lina, juga dilakukan sebagai upaya mempercepat pencapaian daerah bebas buang air besar sembarangan (BABS) di Boyolali.
Hal ini sejalan dengan upaya Pemkab Boyolali yang melakukan percepatan target Universal Access Sanitasi 2019. Percepatan tersebut membutuhkan upaya peningkatan akses masyarakat terhadap air minum layak dan sanitasi yang aman, layak dan berkelanjutan. Salah satu kegiatan pokok yang penting yakni mengupayakan Desa/Kelurahan stop BABS atau Open Defecation Free (ODF).
Sementara itu dalam kesempatan itu, Lina juga menyampaikan apresiasi keberadaan kader kesehatan Posyandu atas peran serta mereka dalam berjuang membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Bahkan banyak kader kesehatan tersebut yang terus berkiprah meski sudah lanjut usia. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top