DIJAMIN VALID, HASIL TES PERDES DIUMUMKAN

DIJAMIN VALID, HASIL TES PERDES DIUMUMKAN
Posted in Informasi
Posted on: November 9th, 2017 Oleh Administrator

 

BOYOLALI : Hasil seleksi perangkat desa (Perdes) selama dua hari, Senin-Selasa (6-7/11/2017), diumumkan langsung di masing-masing desa, Rabu (8/11/2017) malam. Tahapan lanjutan yakni Kades akan mengkonsultasikan dua nama ke camat setempat.

Pengumuman hasil tes Perdes serentak yang dilangsungkan di masing-masing kecamatan setempat, dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto, kamis (9/11/2017). Menurut Purwanto usai pengumuman kemudian dilanjutkan dengan tahapan konsultasi Kades dengan camat yang dijadwalkan mulai tanggal 9-13 November 2017 ini.

“Konsultasi tetap dengan pengajuan dua nama calon, meskipun hanya ada satu nama yang lulus tidak masalah,” ungkap dia.

Setelah tahapan konsultasi, selanjutnya menurut Purwanto dijadwalkan pemberian rekomendasi oleh camat pada tanggal 14-22 November mendatang. Dari rekomendasi tersebut, Kades nantinya akan menerbitkan surat keputusan tentang pengangkatan Perdes paling lambat 15 hari sejak diterimanya rekomendasi dari camat. Dijadwalkan pada 23 November hingga 11 Desember mendatang masing-masing Kades sudah menerbitkan surat keputusan tersebut sehingga Perdes hasil seleksi serentak kemarin, dapat di;lantik pada Desember nanti.

Terkait pelaksanaan dan hasil tes, Purwanto menjamin penuh bahwa hasil tes tersebut valid sesuai dengan hasil sesungguhnya dari setiap calon. Purwanto menegaskan tidak ada permainan untuk meloloskan calon tertentu.

“Semua berjalan transparan, sekalipun ada suara-suara sumbang itu wajar. Yang pasti hasil tes itu benar-benar valid,” tegas Purwanto.

Total sebanyak 2.344 peserta yang mengikuti seleksi Perdes serentak di Boyolali selama dua hari kemarin. Ribuan pelamar tersebut terbagi untuk sejumlah formasi, yakni formasi sekretaris desa (Sekdes), lepala dusun (Kadus), kepala urusan (Kaur) dan  kepala seksi (Kasi).
Untuk formasi Sekdes, terdapat 1.061 pelamar yang akan memperebutkan 237 formasi lowongan. Kemudian untuk jabatan Kadus, terdapat 392 orang peserta,yang nantinya hanya diambil 147 orang saja. Untuk jabatan Kaur, dari 179 lowongan akan diperebutkan sebanyak 568 pelamar. Sedangkan untuk jabatan Kasi sebanyak 412 pelamar yang berebut 124 posisi lowongan.
Adapun tim penguji berasal dari Unit pelaksana tugas daerah (UPTD) Pendidikan dasar dan Luar sekolah (Dikdas dan Ls), guru SMP dan SMA di masing- masing 19 kecamatan. Seleksi dilakukan untuk menilai kemampuan masing-masing calon perangkat desa. Tes antara lain meliputi pertanyaan yang sudah disiapkan oleh tim penguji, baik yang berkaitan dengan pengetahuan umum dan pengetahuan bidang sesuai jabatan yang diinginkan. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top