DIET PLASTIK UNTUK PERINGATI HPSN

DIET PLASTIK UNTUK PERINGATI HPSN
Posted in Headline
Posted on: February 24th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali mencanangkan “Boyolaliku Resik”. Secara seremonial diperingati dengan menggelar apel bersama di Jalan Pandanaran ruas depan Pasar Boyolali, Jumat (24/2) dilanjutkan kegiatan kebersihan. Dipimpin wakil Bupati Boyolali, apel diikuti sekitar 400 peserta dari berbagai elemen seperti petugas kebersiahan, relawan kebersihan, dan dari Aparatur Sipil Negara serta TNI/Polri. Melalui wacana Boyolaliku Resik, kegiatan ini memilih tema Diet Kantong Plastik atau mengurangi penggunaan tas plastik.

 Dalam sambutannya Wabup Boyolali, M. Said Hidayat meminta kesadaran semua pihak untuk peduli dengan sampah. “Satu langkah kesadaran bersama, kepedulian terhadap sampah ini bagian tanggungjawab bersama,” ungkap Wabup. Said Hidayat meminta semua pihak dapat berperan dalam pengelolaan sampah yang menjadi tanggung jawab pemerintah, masyarakat yang dimulai dari lingkup keluarga.

 Pihaknya juga meminta agar semua pihak dapat mengendalikan sampah. “Butuh kesadaran kita akan bagaimana sampah ini mampu kita tekan, kita minimalisir. Apapun itu karena produsen terbesar sampah itu adalah manusaia,” imbuh Said Hidayat. Melalui HPSN ini Pemkab Boyolali mengajak masyarakat untuk turut ambil bagian dalam upaya pengurangan sampah. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan Boyolaliku Resik dan mendukung Indonesia Bersih Sampah 2020. Pada kesempatan tersebut juga dibagikan kantong atau tas bagi warga yang mengunjungi pasar yang berbelanja. Pemberian  tas kantong ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik dan menggunakannya untuk berbelanja.

 HPSN ini dilatarbelakangi tragedi longsornya sampah di Desa Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005 silam. Musibah yang menewaskan 143 orang dan menimbun 137 rumah, akibat longsoran sampah setinggi 30 meter yang menimpa rumah warga di sekitar penimbunan sampah.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top