DIBANGUN DUPLIKASI KILIMANJARO DAN AIR TERJUN NIAGARA DI BOYOLALI

DIBANGUN DUPLIKASI KILIMANJARO DAN AIR TERJUN NIAGARA DI BOYOLALI
Posted in Informasi
Posted on: November 20th, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI—Pemerintah Kabupaten Boyolali telah mengawali sejumlah kegiatan untuk merealisasikan proyek kebun raya di wilayah Indrokilo, Dusun Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo.

Kini, BLH memulai membangun bendungan dengan membendung Sungai Sombo yang merupakan anak Sungai Gandul.Dua aliran Sungai Gandul dan Sungai Sombo adalah dua sungai yang melintasi kawasan Indrokilo. Dan dari kedua sungai itu diharapkan suplai air untuk kebutuhan di kawasan Kebun Raya Indrokilo dapat terpenuhi dengan baik.kebun-raya20

“Kebun raya akan menampung tanaman konservasi sehingga butuh suplai air yang cukup, ” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Boyolali, Cipto Budoyo.

Ia menjelaskan bendungan tersebut nantinya akan menjadi sumber air dan akan dialirkan masuk ke kawasan kebun raya. Mengingat saat ini, di Indrokilo belum ada suplai air. Sebagai proyek dasar, BLH akan membendung anak Sungai Sombo sebagai sumber air di kawasan pengembangan kebun raya. Suplai air yang masuk ke kawasan kebun raya nantinya akan ditampung ke dalam embung yang saat ini juga sedang dalam proses pengerjaan.

“Airnya nanti untuk mengairi tanaman-tanaman yang ada di kebun raya,” kata Cipto.

Proyek kebun raya di Indrokilo dibangun di atas tanah milik Pemkab Boyolali seluas delapan hektare. Pemkab Boyolali juga menggandeng Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), untuk persiapan proyek tersebut. Lokasi kebun raya tersebut berada di belakang Hastana Luhur Ngendrakila Pesarean Pamijen Trah Wiragunan-Prawiranegaran Surakarta. Komplek tersebut bisa diakses lewat Jalan Raya Boyolali-Klaten, kemudian masuk ke jalan Dukuh Tempurejo.

kebun-raya12Sebelumnya, Bupati Boyolali, Seno Samodro, menyampaikan kebun raya yang dibangun di Indrokilo merupakan duplikasi Kilimanjaro dan air terjun Niagara. Kebun raya dibuat untuk mengakomodir penyelenggaraan event-event besar. Termasuk di dalamnya ada bumi perkemahan, plaza, dan taman dengan beragam tanaman langka, serta fasilitas parkir berkapasitas 2.000 mobil. Sungai Sombo yang saat ini dibendung juga untuk mengairi koleksi tanaman-tanaman langka yang ada di kebun raya tersebut.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top