DESA DIDORONG SEGERA BENTUK BUMDES

Posted in Headline
Posted on: April 20th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Untuk mengoptimalkan potensi pendapatan desa, desa-desa terus didorong untuk segera membentuk badan usaha desa (BUMDes).
Dorongan tersebut salah satunya dilakukan pemerintah Kecamatan Sawit. Pasalnya, dari 12 desa di Kecamatan Sawit, menurut Camat Sawit, Dwi Sundarto, baru Desa Kemasan yang sudah memiliki BUMDes.
“Baru Desa Kemasan yang memiliki BUMDes Desa Wisata Kemasan (Dewa Emas). Karena itu kami terus mendorong desa-desa lainnya untuk bisa membentuk BUMDes sebagai upaya pengoptimalan pendapatan desa,” un”kap Dwi Sundarto, Kamis (20/4).
Disebutkan Dwi, BUMDes Dewa Emas yang mengelola wisata lingkungan dengan dipadukan bersama UMKM maupun kesenian, mampu mendapatkan pendapatan hingga Rp 450 juta/tahun. Dengan pendapatan itu, tentu muaranya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.
Saat ini lanjut Dwi, sudah ada beberapa desa yang akan membentuk BUMDes di wilayahnya. Di antaranya yakni Desa Cepoko Sawit, yang memiliki andalan budidaya udang dan ikan. Pembentukan BUMDes tersebut sejalan dengan Desa Cepoko Sawit yang kini terkenal dengan sebutan desa udang dan ikan (dendang).
Kades Cepokosawit, Slamet Raharjo mengaku, program Dendang di desanya mendapat sambutan positif masyarakat. Tak hanya itu, saat ini jumlah pengunjung yang datang ke Dendang pun terus meningkat. Salah satunya selain berminat pada budidaya udang maupun ikan, juga mengunjungi Monumen Gempa yang dibangun di Cempokosawit.
Dwi Sundarto menambahkan, pihaknya juga mendorong pembentukan BUMDes bersama, terutama terhadap desa-desa yang memiliki potensi yang sama dan letaknya bersebelahan. Hal ini seperti yang terdapat pada empat desa, yakni Desa Guwokajen, Jatirejo, Karangduren dan Desa Bendosari, yang dilintasi Sungai Baran. Sungai tersebut memiliki potensi dan akan dikembangkan pariwisata air susur sungai atau river tubing.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top