DAGING IMPORT DILARANG MASUK BOYOLALI

DAGING IMPORT DILARANG MASUK BOYOLALI
Posted in Informasi
Posted on: June 21st, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Meningkatnya kebutuhan daging terutama menjelang Lebaran saat ini, Pemkab Boyolali melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) tetap memberlakukan kebijakan melarang daging impor masuk ke pasar-pasar tradisional di Boyolali.
Kepala Disnakkan Boyolali, Juwaris menerangkan, larangan tersebut dilakukan untuk menjaga kesejahteraan peternak sapi lokal di Boyolali. Apalagi Boyolali termasuk sentra ternak sapi, baik sapi potong maupun sapi perah. Diakui Juwaris, sebenarnya daerah boleh memasukkan daging impor. Namun untuk Boyolali selama ini menurut dia, tidak pernah  memberikan izin daging impor masuk ke Boyolali.
“Larangan ini diterapkan agar harga daging sapi di Boyolali tetap stabil, sebab tingkat kebutuhan masyarakat sudah bisa terpenuhi,” ungkap Juwaris, Rabu (21/6).
Dijelaskan Juwaris, harga daging di Boyolali sejauh ini stabil di kisaran Rp 100.000-110.000 per kilogram. Sementara harga daging impor jauh lebih rendah, yakni di kisaran Rp 80.000 per kilogram. Diharapkan dengan stabilnya harga daging tersebut, kesejahteraan peternak sapi potong lokal di Boyolali lebih terjamin.
Apalagi di Boyolali, jumlah populasi sapi potong lebih dari 84.000 ekor. Jumlah ini menurut Juwaris sangat mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat. Bahkan lanjut Juwaris, ketersediaan daging Boyolali juga mampu memasok kebutuhan daging untuk daerah lain. Sayangnya, permintaan daging dari luar daerah seperti Jakarta, belakangan ini juga berkurang akibat masukknya daging impor. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top