CUACA BAGUS, PETANI TEMBAKAU OPTIMISTIS

CUACA BAGUS, PETANI TEMBAKAU OPTIMISTIS
Posted in Informasi
Posted on: July 20th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Membaiknya kondisi cuaca saat ini, membuat petani tembakau optimistis hasil panen tahun ini akan lebih bagus. Selain itu, petani juga berharap harga tembakau tahun ini akan lebih bagus dibandingkan tahun kemarin.
Optimisme tersebut salah satunya dirasakan petani tembakau di wilayah Kecamatan Sawit dan Banyudono. Salah satunya yakni Wiro alias Tandur (65). Petani warga Dukuh Kwojokulon, Desa Jembangan, Banyudono. Menurut Wiro, saat ini tanaman tembakau yang ditanamnya sudah berusia dua bulanan dan pertumbuhannya cukup bagus.
“Cuacanya bagus, semoga pertumbuhannya juga baik agar kualitas panennya juga bagus,” kata Wiro yang menanam tembakau di enam petak lahan, masing-masing seluas 2.600 m2.
Kualitas panen yang bagus menurut Wiro sangat berpengaruh pada harga jual. Dia pun berharap saat panen nanti harga tembakau akan lebih baik, apalagi tahun ini jumlah petani yang menanam tembakau juga berkurang dibandingkan tahun lalu.
Optimisme tersebut bahkan diungkapkan Wiro dengan hitung-hitungan perkiraan hasil panen. Menurut hitungannya, jika hasil panen bagus maka setiap petak lahan tembakaunya bisa laku hingga Rp 13 juta.
Setelah dipotong biaya tanam sebesar Rp 5 juta, maka menurut dia masih ada sisa keuntungan sekitar rp 7 juta. Hanya saja keuntungan tersebut masih dibagi dengan pemilik lahan yang disewanya, yakni 1/3 hasil untuk pemilik lahan.
“Semoga saja sesuai harapan, apalagi tahun ini kan yang nanam sedikit karena tahun kemarin tembakau hancur gara-gara hujan terus menerus,” kata dia.
Kondisi tersebut membuat petani banyak yang kapok menanam tembakau. Bahkan musim tanam saat ini, menurut Wiro hanya sekitaran 10 petani yang tetap bertanam tembakau di daerahnya.
Senada, Supri (49) petani warga Desa Jenengan, Kecamatan Sawit juga berharap tahun ini kondisi cuaca akan terus membaik. Supri mengaku, meski tidak kapok tanam tembakau namun tetap saja tahun ini dirinya mengurangi luasan lahan.
“Tahun kemarin tujuh petak, sekarang tiga saja cukup dan semoga cuaca terus membaik,” tutur dia. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top