CFD BOYOLALI AKAN DITATA

CFD BOYOLALI AKAN DITATA
Posted in Informasi
Posted on: May 8th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Setelah dilakukan evaluasi oleh dinas dan instansi terkait, gelaran hari bebas kendaran bermotor atau Car Free Day (CFD) Boyolali segera ditata. CFD yang digelar setiap hari minggu pada pekan pertama dan ketiga setiap bulannya tersebut setelah Lebaran akan mulai ditata agar bisa memberikan akses kemudahan terhadap aktifitas Pasar Boyolali. Saat ini area CFD yang berlokasi di Jalan Pandanaran ruas Simpang Siaga hingga simpang empat SMPN 2 Boyolali didominasi oleh pedagang.

 Dinas terkait yakni Dinas Perhubungan dan Satpol PP secara lisan telah mensosialisasikan kepada pengunjung CFD dan pedagang. Ke depan CFD hanya akan dilakukan di ruas Simpang Siaga hingga perempatan Seiko.

“Car Free Day sejatinya diperuntukkan bagi pejalan kaki dan aktifitas olahraga, dan tidak diperbolehkan untuk berjualan,” terang Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Boyolali melalui Kasi Keselamatan, Eka Nurjananta di area CFD, Minggu (7/5). Namum demikian pihaknya masih memperbolehkan pedagang berjualan dengan sejumlah aturan main yang bakal diterapkan.

 Sosialisasi yang dilakukan sejak 30 April lalu juga akan menerapkan aturan bahwa pedagang tidak boleh menempati tengah jalan. Hal terserbut dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan pengunjung serta mendukung kemudahan akses menuju pasar Boyolali. Atas kesepakatan berbagai pihak, pedagang diperbolehkan berdagang sebagai pelengkap aktifitas CFD dengan rencana kendaraan pedagang tidak masuk di area CFD.

 “Selain pedagang dilarang menggunakan jalur tengah jalan, ke depan kendaraan pedagang tidak boleh masuk di area CFD,” imbuh Eka. Saat ini telah dimatangkan rencana area parkir dan penataan lain yang diharapkan bisa tersosialisasi kepada semua pihak.

 Disinggung mengenai waktu pelaksanaan CFD, pihaknya memastikan belum menambah durasi CFD dari jam 5.30 hingga 08.00 WIB serta frekuensi pelaksanaan yang hanya setiap dua pekan sekali. Namum pihaknya akan memastikan, petugas akan hadir dan siap lebih awal untuk menjaga dan mengamankan area CFD.

 Ke depan menurut Eka, pedagang akan didata dan bentuk paguyuban oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Boyolali. Hal akan menjadi wadah agar mudah diatur dan tidak terjadi rebutan dalam menempati lokasi jualan.

 Menanggapi rencana tersebut, salah satu pengunjung, Radin menyambut baik penataan area CFD. “Saya sangat mendukung agar area CFD ini ditata lebih baik jadi bisa untuk berolahraga dan berjalan dengan nyaman,” terang remaja asal Pulisen ini.

 Namun Ia juga berharap agar CFD bisa digelar dengan waktu yang lebih lama, setidaknya dari jam 05.30 hingga 09.00 WIB dan bisa digelar setiap pekan sekali.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top