CERITA SUSKSES KAMPUNG LELE TEGALREJO

CERITA SUSKSES KAMPUNG LELE TEGALREJO
Posted in Informasi
Posted on: January 14th, 2017 Oleh Administrator

Dengan mengubah lahan pertanian dan persawahan menjadi kolam ikan, keberadaan sebuah lokasi yang akhirnya disebut Kampung Lele ini bermula. Berlokasi di Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, saat ini sudah menjadi tempat pembibitan lele. Selain itu tempat ini juga disulap menjadi tempat wisata yang menyediakan hiburan sekaligus pembelajaran tentang kehidupan dan perkembangbiakan ikan lele.

Dipelopori oleh warga setempat pada tahun 1993, mereka memelihara ikan lele dan membudidayakannya di kolam di lahan pekarangannya dan lama kelamaan menggantikan lahan pertanian dan persawahan. Budidaya ikan lele yang dilakukan beberapa warga pelopor ini dapat berkembang sangat pesat, yang akhirnya diikuti oleh sebagian warga lainnya. Warga yang tadinya memperoleh penghasilan dari bercocok tanam beralih menjadi peternak lele.

Keberadaan Kampung Lele ini telah berhasil memberikan kontribusi bagi ketahanan pangan lokal maupun nasional. Produksi ikan lele di tempat ini bisa mencapai 10 ton/hari dari lebih dari tujuh ribu kolam ikan untuk memenuhi kebutuhan pasokan lele di Boyolali dan juga diditribusikan ke beberapa daerah di luar Boyolali seperti Salatiga, Solo, Yogyakarta, Jakarta dan masih banyak tempat lainnya. Selain sebagai sentra perikanan, Kampung Lele juga menyediakan jasa wisata berupa melihat langsung proses pembibitan, pemberian pakan, hingga memanen lele secara langsung, mengunjungi tempat pembuatan abon, kripik dan rambak yang semuanya berbahan baku lele.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top