BUPATI UCAPKAN SELAMAT ATAS SUKSESNYA E-VOTING PILKADES

BUPATI UCAPKAN SELAMAT ATAS SUKSESNYA E-VOTING PILKADES
Posted in Headline, Informasi
Posted on: December 2nd, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI : Bupati Boyolali, Drs. H Seno Samodro mengucapkan selamat bagi 15 kepala desa (Kades) terpilih dalam ajang Pilkades serentak, Kamis (1/12) kemarin. Meski demikian, Bupati meminta supaya Kades terpilih tak terlalu lama beruforia dalam merayakan kemenangan. Sebaliknya, Kades terpilih diminta untuk banyak belajar untuk meningkatkan kualitas, terutama terkait pengelolaan dana desa.
Demikian diungkapkan Bupati, Jumat (2/12). Bupati mengatakan, setelah gelaran Pilkades kemarin, 15Kades terpilih tersebut akan dilantik sebelum akhir tahun ini. Sehingga menurut Bupati, para Kades dituntut untuk segera belajar, mengingat pengelolaan dana desa cukup sulit. Terbukti, saat ini saja banyak desa yang belum menyelesaikan laporan pelaksanaan dana desa tersebut.
“Se-Kecamatan Banyudono saja satupun belum ada yang jadi, kecamatan lain juga sama. Dana desa itu sulit maka kualitas Kades harus terus ditingkatkan,” ungkap Bupati.
Selanjutnya, Bupati menyatakan akan ada pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi para Kades. Termauk di antaranya Pemkab akan memfasilitasi tenaga pendamping desa. Namun Bupati menegaskan, para pendamping desa tersebut harus benar-benar profesional.
Sementara itu menurut Kabag Pemerintah Desa (Pemdes) Setda Boyolali, Arief Wardianta, setelah gelaran Pilkades serentak kemarin, masih ada beberapa hari untuk calon yang kalah mengajukan gugatan. Hanya saja untuk gugatan yang diajukan, hanya yang berkaitan dengan hasil pemungutan suara, di luar itu menurut Arief tidak diterima. Selanjutnya, jika ada aduan, menurut Arief paling lama satu bulan sudah akan ada keputusan dari Pemkab Boyolali, dalam hal ini Bupati.
“Aduan hanya yang berkaitan dengan hasil pemungutan suara, di luar itu tidak dapat ditindaklanjuti,” jelas Arief.
Jalannya Pilkades serentak kemarin, menurut Arief berlangsung lancar dan aman. Selain itu secara kasat mata, antusiasme masyarakat pemilih juga tinggi dalam partisipasi pemungutan suara kemarin. Sebanyak 15 desa yang ikut dalam Pilkades serentak yang digelar secara elektronik atau e-voting. Sejumlah desa juga dilengkapi perangkat e-verifikasi.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top