BUPATI RESMIKAN PASAR “TENGGOK RAKSASA”

BUPATI RESMIKAN PASAR “TENGGOK RAKSASA”
Posted in Informasi
Posted on: January 23rd, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Bupati Boyolali, Seno Samodro, meresmikan Pasar Klego yang dibangun senilai total hampir Rp 4,4 Miliar, Senin (23/1). Relokasi Pasar Klego, menjadikan kondisi pasar tradisional tersebut jauh lebih representatif dan disambut gembira pedagang maupun masyarakat.
Pasar yang dibangun bertahap sejak 2014 lalu, selesai dikerjakan pada 2016 kemarin. Total anggaran pembangunan menurut Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Boyolali, Widodo, yakni Rp 1,9 miliar pada 2014, kemudian Rp 404 juta pada 2015, dan Rp 2,1 miliar pada 2016 lalu.
“Pembangunan antara lain meliputi 196 los dan 26 kios, dengan luasan pasar sekitar 1.400 m2,” ungkap Widodo.
Saat ini, tinggal 15 los yang belum terisi, sedangkan lainnya sudah tertata dengan baik. Untuk menebus kios, dari harga semestinya Rp 24 juta, pedagang diberikan keringanan,  hanya cukup menebus seharga Rp 17 juta.
Dijelaskan Widodo, relokasi Pasar Klego selain dimaksudkan untuk mendukung roda perekonomian, juga untuk memperlancar lalu lintas jalan Karanggede-Gemolong. Pasalnya, sebelum direlokasi, keberadaan Pasar Klego sering mengganggu arus lalu lintas, terutama saat pasaran.
Selain dibangun jauh lebih representatif, Pasar Klego juga memiliki ikon baru, yakni bangunan tenggok raksasa, yang tepat dibangun di atas bangunan pasar. Ikon yang menarik tersebut, diharapkan menjadi daya tarik warga untuk datang ke pasar.
Dalam peresmian itu, Bupati meminta agar para pedagang dapat menjaga kondisi pasar tetap bersih. Kondisi bersih akan membuat pembeli maupun pedagang nyaman, sehingga pasar akan semakin ramai. Di sisi lain, Bupati juga akan menyempurnakan pembangunan pasar dengan sistem drainase yang baik. Sehingga kondisi pasar tetap nyaman dan bebas dari genangan air. Bupati bahkan menindaklanjuti masukan masyarakat terkait perlunya pembangunan pasar hewan di pasar tersebut.
“Nanti biar konsultan Disperindag yang menyusun perencanaannya,” kata dia.
Terpisah, Camat Klego, Joko Murdiyanto, berharap dengan pembangunan Pasar Klego yang saat ini sangat representatif, dapat mendukung wilayah Klego yang nyaman disinggahi, dikunjungi, dan ditinggali.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top