BUNDARAN ASRIKAMTO MULAI DIGARAP

BUNDARAN ASRIKAMTO MULAI DIGARAP
Posted in Informasi
Posted on: November 15th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Proyek bundaran Asrikanto mulai dibangun tahap pertama senilai Rp 3,294 miliar. Bundaran Asrikanto ini menggantikan rencana semula pembangunan simpang lima di lokasi yang sama, lantaran terkendala tingginya harga tanah.
Pembangunan bundaran Asrikanto di Kecamatan Boyolali Kota yang tengah dikerjakan, tahap pertama meliputi pekerjaan fisik bundaran berikut drainase, dijadwalkan selesai pada 18 Desember mendatang.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Boyolali, Nyoto Widodo, menyebutkan tahap pertama pembangunan saat ini hanya meliputi fisik bundaran dan drainase. Selanjutnya ujar dua, proyek akan dilanjutkan di tahun anggaran 2018 mendatang.
“Tahap pertama yang kami kerjakan baru fisik bundaran dan drainase, selanjutnya nanti akan dibangun taman oleh Dinas Lingkungan Hidup,” ungkap dia, Rabu (15/11/2017).
Diakui Nyoto, semula rencana pembangunan tidak sekedar bundaran seperti yang disampaikan Bupati Boyolali, Seno Samodro beberapa waktu lalu, yakni akan dibangun simpang lima.
Hanya saja lantaran kendala harga tanah setempat yang sangat tinggi, jauh di atas appraisal, sehingga tidak memungkinkan untuk pembebasan lahan. Disebutkan Nyoto, untuk rencana pembangunan simpang lima, Pemkab Boyolali harus melakukan pembebasan tanah di sisi utara jalan lingkar utara itu. Namun ternyata dari negoisasi ganti rugi tidak ada titik temu dan harga jauh lebih tinggi dari ditawarkan Pemkab Boyolali. Akhirnya, rencana pembangunan simpang lima pun diganti dengan pembangunan bundaran.
Sedangkan untuk pembangunan bundaran, sebagai ganti simpang lima, menurut Nyoto Pemkab tidak perlu pembebasan lahan lantaran tidak menggunakan lahan milik warga. Untuk membangun bundaran Asrikanto ini menurut Nyoto, sepenuhnya menggunakan lahan milik Pemkab Boyolali, yakni lahan bekas bangunan pasar hewan lama.
Sementara itu terkait pengerjaan proyek, saat ini para pekerja terus mengebut pekerjaan agar segera rampung tepat waktu. Saat ini, bangunan bundaran juga sudah mulai terbentuk dan dibangun dengan menggunakan batu kali. Sejumlah pekerja lainnya juga tengah menyelesaikan pembangunan drainase
Terpisah, meski tak jadi dibangun simpang lima, namun pembangunan bundaran Asrikanto tetap disambut hangat masyarakat. Pasalnya pembangunan bundaran tersebut akan menambah cantik wajah Boyolali. Apalagi nantinya bundaran juga akan dilengkapi taman.
“Tentu saja senang, selain tambah cantik juga wilayah di sini akan lebih ramai lagi. Harapannya ekonomi masyarakat juga dapat meningkat,” tutur Endang, salah satu warga setempat. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top