BUKIT BATUR SUROTELENG, TEMPAT WISATA KEKINIAN DI BOYOLALI

BUKIT BATUR SUROTELENG, TEMPAT WISATA KEKINIAN DI BOYOLALI
Posted in Informasi
Posted on: March 13th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Tidak cukup rasanya waktu yang singkat untuk mengeksplor tempat wisata di area Gunung Merapi dan Merbabu yang berada di kawasan wisata Selo, Boyolali. Keindahan alam yang menyuguhkan kawasan khas pegunungan yang hijau dan udara sejuk serta segar, membuat ingin berlama-lama ketika mengunjungi kawasan Selo. Ditambah dengan penduduk yang ramah serta didukung seni budaya tradisi adalah hal yang pantas menjadikan Selo menjadi kawasan wisata andalan Kabupaten Boyolali.

 Satu lagi kawasan wisata yang tepatnya berada di Desa Suroteleng yang saat ini tengah hits di media sosial. Tempat yang baru muncul pada bulan Agustus tahun lalu ini dinamakan Bukit Batur. Kawasan bukit hijau yang cocok digunakan untuk berkemah maupun menikmati sunrise (matahari terbit) ini kini dilengkapi dengan gardu pandang. Dari tempat yang berada di lereng Gunung Merapi ini kita dapat memandang dengan anggunnya Gunung Merbabu. Pemandangan luar biasa ini dapat dinikmati dari atas gardu pandang yang terbuat dari bambu yang belum lama dibuat oleh karang taruna Desa setempat.

 “Tempat ini dikelola oleh Karang Taruna, dan pengunjung ditarik retribusi yang digunakan untuk pengembangan gardu pandang ini,” terang Andre Muh Juedi (26), pengelola Bukit Batur, Minggu (12/3). Tempat ini, lanjut Andre mulai dibuka dengan dana terbatas oleh warga setempat serta mahasiswa yang menggelar KKN dari UGM Yogyakarta yang mempunyai ide untuk mengembangkan kawasan Bukit Batur. Setelah keberadaan Bukit Batur diketahui saat ini sebanyak 20-30 orang pada hari biasa, sementara pada akhir pekan bisa mencapai 50 hingga 80 orang.

 Bagi pengunjung yang datang di Bukit Batur cukup membayar retribusi yang sangat terjangkau sebesar Rp 5.000 per orang dan itu sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Retribusi oleh pengelola digunakan untuk mengembangkan kawasan yang saat ini masih butuh penyempurnaan. “Retribusi yang masuk kami gunakan sepenuhnya untuk penyempuraan lokasi,” imbuh Andre

Sementara di tempat yang sama salah satu pengunjung, Widi (19), menyempatkan waktu berliburan lokasi ini. “Tempatnya sangat bagus, namun perlu beberapa penambahan fasilitas dan perbaikan,” perempuan warga Simo, Boyolali ini. Ia mengharapkan agar akes jalan ke lokasi dapat diperluas serta lokasi parkir yang bisa memuat kendaraan lebih banyak.

 Untuk menuju Bukit Batur pengunjung bisa melewati Desa Sukabumi; Cepogo maupun dari pusat Kecamatan Selo. Pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima, mengingat jalan yang dilintasi merupakan jalanan pegunungan dengan tanjakan hingga 45 derajat yang sudah diaspal maupun cor beton ini.

 Selain gardu pandang di Bukit Batur ini di wilayah Suroteleng juga terdapat beberapa tempat yang bisaa dikunjungi untuk melepas penat setelah beraktifitas. Banyak tempat di wilayah Desa yang memiliki tagline Gayeng ini mendukung berbagai kegiatan olahraga ekstrim seperti trabas maupun downhill. Selain itu juga terdapat gardu pandang watu blerek, gua Jepang, serta pohon yang diberi papan dan bisa dinaiki sebagi tempat menikmati pemandangan maupun berfoto ria yang disebut pohon bintang dan kawasan hamparan Elang Jawa yang menjadi endemik kawasan Merapi.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top