BPJS PERLUAS KANAL PENDAFTARAN

BPJS PERLUAS KANAL PENDAFTARAN
Posted in Informasi
Posted on: May 16th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Trobosan dan inovasi pelayanan terus dilakukan BPJS Kesehatan, di antaranya dengan semakin memudahkan akses pendaftaran masyarakat. Saat ini cukup banyak kanal pendaftaran yang cukup mudah, di antaranya yakni cukup dengan mendaftar melalui telepon.
Dengan cara mudah ini, masyarakat akan semakin terlayani secara optimal karena tidak perlu lagi antre panjang lagi untuk mendaftar BPJS. Selain itu, kartu peserta nantinya akan dikirimkan langsung sesuai dengan alamat rumah atau domisili. Demikian diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Boyolali, M Farid, Senin (15/5).
“Kanal-kanal pendaftaran yang sudah ada terus diperluas sehingga semakin memudahkan masyarakat. Salah satunya melalui mekanisme pendaftaran melalui telepon, yakni melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400,” ungkap Farid.
Sehingga khusus pendaftaran pendaftaran calon peserta kategori pekerja bukan penerima upah  atau peserta mandiri dan peserta bukan pekerja, mereka cukup menghubungi nomor care center tersebut untuk mendaftar, yang kemudian oleh operator akan diimplementasikan dalam virtual service.
Dijelaskan Farid, trobosan ini sekaligus pengembangan fungsi  care center, yang sebelumnya hanya fungsi informasi, penanganan pengaduan, teleconsulting, dan pengelolaan media sosial saja. Sedangkan teknis pendaftaran melalui telepon, menurut Farid masyarakat cukup menyampaikan data pribadi utamanya nomor induk kependudukan (NIK), rekening tabungan, nomor HP, alamat domisili, dan alamat email.
Setelah persyaratan tersebut lengkap dan dinyatakan selesai oleh agen care center, pendaftar akan mendapat nomor virtual account melalui nomor HP atau email. Dengan nomor tersebut, pendaftar kemudian membayarkan iuran pertama paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah terbitnya nomor tersebut. Pembayaran pertama tersebut diwajibkan langsung ke bank, baru kemudian untuk pembayaran iuran berikutnya melalui autodebet. Kemudian sejak pembayaran pertama itu, kartu peserta sudah aktif dan akan dicetak kemudian didistribusikan ke alamat yang sudah diinput saat pendaftaran.
“Jadi masyarakat sudah tidak perlu antre panjang di Kantor BPJS,” jelas dia.
Selain kemudahan pendaftaran melalui telepon, kanal lain yang dikembangkan yakni pendaftaran melalui dropbox di kantor cabang BPJS, kantor kelurahan, dan kantor kecamatan, serta melalui mitra kerja BPJS kesejahatan.
Inovasi dan trobosan yang dilakukan BPJS ini menurut Farid salah satunya untuk meningkatkan kepuasan pelayanan. Selain lebih mudah, pendaftaran dapat dilakukan dengan lebih dekat tempat domisili masyarakat.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top