BPJS KESEHATAN LAUNCHING FITUR MOBILE SCREENING

BPJS KESEHATAN LAUNCHING FITUR MOBILE SCREENING
Posted in Headline
Posted on: February 1st, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Guna menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengelola risiko penyakit kronis sejak dini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan fitur mobile screening (skrining riwayat kesehatan) secara serentak di seluruh Indonesia, Rabu (1/2). Fitur ini merupakan aplikasi tambahan dari BPJS Kesehatan mobile. “Skrining riwayat kesehatan merupakan penambahan fitur di aplikasi BPJS Kesehatan mobile. Jika sebelumnya peserta Jaminan Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hanya dapat melakukan skrining riwayat kesehatan secara manual,” terang Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan Cabang Boyolali, Gallaeh Rama dalam konferensi pers di Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali.

Lebih lanjut Gallaeh menjelaskan, fitur ini dapat diperoleh dengan mengunduh di google playstore melalui telepon pintar android bagi peserta yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Dalam fitur itu peserta diminta mengisi 47 pertanyaan yang terdiri atas kebiasaan sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit maupun pola makan. Empat jenis penyakit kronis dapat terdeteksi dalam hasil skrining kesehatan ini yakni diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner. Sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Boyolali, Diding Lukmana menambahkan mobile screening adalah suatu fitur yang mampu mengetahui secara dini tentang kondisi kesehatan kita.” Apabila semua pertanyaan telah dijawab, maka peserta akan memperoleh hasil skrining riwayat kesehatan pada saat itu pula,” imbuh Diding.

Dalam hasil skrining jika memiliki risiko rendah, disarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan berolahraga minimal 30 menit sehari. Namun apabila hasilnya berisiko sedang atau tinggi, akan disarankan untuk segera berobat ke dokter atau fasilitas kesehatan untuk berobat sehingga tidak kronis. Skrining ini merupakan satu cara preventif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Boyolali.  Dalam peluncuran serentak ini, di area BPJS Kesehatan Cabang Boyolali dicoba dan disosialisasikan di 20 badan usaha atau perusahaan di wialyah Boyolali dan Klaten.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top