BPJS BOYOLALI GELAR GEBYAR PROLANIS

BPJS BOYOLALI GELAR GEBYAR PROLANIS
Posted in Headline
Posted on: May 24th, 2017 Oleh Administrator
 BOYOLALI : Ratusan peserta JKN-KIS mengikuti Gebyar Prolanis (pengelolaan penyakit kronis), yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Boyolali, Sabtu (20/5).
Kegiatan Gebyar Prolanis ini diselenggarakan dalam rangka mengoptimalkan program gerakan masyarakat sehat yang dicanangkan pemerintah. Kegiatan bertema “Sehatkan Gaya Hidup dan Hidupkan Gaya Sehat” itu, BPJS Kesehatan menggandeng PMI Boyolali.
Dalam kegiatan Gebyar Prolanis tersebut, ratusan peserta JKN-KIS, khususnya penderita diabetes mellitus dan hipertensi untuk menjaga pola hidup sehat. Salah satunya yakni dengan bergabung dengan klub Prolanis yang ada di setiap fasilitas  kesehatan tingkat pertama (FKTP), yakni di Puskesmas atau klinik.
Kegiatan Gebyar Prolanis tersebut merupakan salah satu bentuk upaya preventif, khususnya bagi peserta JKN-KIS penderita diabetes Mellitus dan hipertensi. BPJS Kesehatan sendiri juga memfasilitasi pembentukan klub-klub Prolanis di berbagai Puskesmas atau klinik yang menjadi FKTP.
Wakil Ketua PMI Boyolali, dr. Ratri S. Survivalina, dalam kesempatan itu menjelaskan pentingnya menjaga pola makan dalam pola hidup sehat. Menurut dia, menjaga pola makan yang sehat ini tidak hanya diperuntukkan bagi para penderita hipertensi atau kencing manis saja, melainkan untuk seluruh masyarakat. Pola makan sehat meliputi 4 sehat 5 sempurna yang seimbang.
“Pola makan sehat yakni meliputi makanan empat sehat 5 sempurna yang seimbang, dengan diatur porsi sesuai dengan berat badan,” jelas Ratri.
Selain itu, pentingnya olahraga juga wajib dilakukan masyarakat untuk menjaga gaya hidup sehat. Berolahraga lanjut dia, juga harus dilakukan secara ideal. Termasuk saat puasa Ramadhan sebentar lagi, menurut dia harus dibiasakan untuk menyegerakan berbuka dan tidak mempercepat waktu sahur. ()

 

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top