BOYOLALI TERAPKAN SMART SYSTEM PENGELOLAAN PJU

BOYOLALI TERAPKAN SMART SYSTEM PENGELOLAAN PJU
Posted in Informasi
Posted on: April 12th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Kerangka Boyolali smart city juga diaplikasikan pada pengelolaan jaringan lampu penerangan jalan umum (PJU). Sekitar 38.000 PJU yang tersebar di 19 kecamatan, nantinya akan terkoneksi dengan smart system melalui jaringan internet.
Dengan smart system ini, maka pengelolaan PJU akan jauh lebih efisien dan efektif. Pasalnya, setiap gangguan pada PJU, akan langsung terdeteksi sehingga bisa segera dilakukan perbaikan. Di sisi lain, dengan smart system dapat dilakukan pengaturan sumber daya listrik untuk PJU untuk lebih efisien.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali, Untung Raharjo, mengatakan dengan sistem ini maka dapat dilakukan monitoring dan pengendalian secara penuh atas puluhan ribu PJU yang ada di Boyolali.
“Jadi kalau ada lampu yang mati atau rusak, nanti akan muncul inotifikasi ke petugas melalui smart phone. Sehingga dapat langsung terpantausecara real time oleh petugas untuk segera dilakukan perbaikan,” terang Untung.
Dengan trobosan ini, maka masyarakat tidak perlu lapor karena petugas akan langsung tahu dan segera melakukan perbaikan. Di sisi lain, penggunaan aplikasi ini juga sangat mendukung dan efisien di tengah keterbatasan petugas dalam memantau seluruh jaringan PJU yang ada di Boyolali.
Dijelaskan Untung, penggunaan aplikasi ini akan menjadikan beban biaya listrik yang ditanggung Pemkab Boyolali untuk puluhan ribu PJU tersebut jauh lebih efisien. Melalui sistem aplikasi ini, akan mengatur kapan waktu PJU menyala atau padam secara otomatis. Sehingga daya listrik yang dibutuhkan dapat diatur lebih efisien.
Smart system untuk PJU tersebut, menurut Untung saat ini sudah masuk tahap persiapan dan segera diaplikasikan. Saat ini lanjut dia, pihaknya masih dalam tahap lelang pengadaan, dan diharapkan tahun ini aplikasi smart system untuk PJU tersebut sudah bisa direalisasikan dengan baik. Nantinya, smart system ini akan mencakup seluruh jaringan PJU yang tersebar di 19 kecamatan di Boyolali.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top