BOYOLALI SEGERA LAUNCHING E-LKPJ

BOYOLALI SEGERA LAUNCHING E-LKPJ
Posted in Headline
Posted on: January 25th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Sebuah terobosan kembali dibuat oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali seiring dengan program smart city. Salah satu ide dan inovasi itu diterapkan dalam menyusun Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) menggunakan aplikasi. Aplikasi atau sistem informasi itu dinamai Sistem Informasi Manajemen
LKPJ & LPPD (E-LKPJ) dan telah mulai digunakan dalam menyusun LKPJ dan LPPD tahun 2016. Penerapan E-LKPJ ini sangat membantu dalam menyusunan dokumen. Selain keakuratan data, sistem ini juga memudahkan melakukan verifikasi data. “E-LKPJ ini sangat membantu tim kabupaten dalam memverfikasi data sehingga menampilkan data yang akurat,” terang Kasubbag Kerjasama dan Otonomi Daerah (Otda) Setda Kabupaten Boyolali, Ari Wahyu Prabowo, mewakili Kepala Bagian Kerjasama dan Otda, M. Arief Wardianta, di kantornya, Rabu (25/1).

Lebih lanjut Ari menambahkan, sistem ini bisa mendukung program pengurangan pemakaian kertas atau paperless. Dalam prosesnya untuk mengecek tidak perlu mencetak menggunakan kertas namun bisa dilihat dalam tampilan menggunakan komputer maupun telepon pintar. Dalam prakteknya setiap Organisasi Perangkat daerah (OPD) terdapat operator yang bertanggungjawab untuk menginput data dengan nama akun dan kata sandi tersendiri. Setelah data dimasukkan secara lengkap dari masing-masing OPD akan diverifikasi oleh petugas tingkat Kabupaten yang selanjutnya akan diadakan asistensi untuk menuju tahapan pencetakan dokumen untuk diserahkan.

Penerapan E-LKPJ ini telah dimulai dengan adanya persiapan dan uji coba bagi operator masing-masing OPD. Menurut Ari, sistem ini sangat mudah untuk dioperasikan, bahkan menggunakan telepon genggam pun bisa. Operator OPD saat ini telah beradaptasi dengan cepat dalam menggunakan sistem informasi yang diwacanakan akan diluncurkan oleh Bupati Boyolali pada Rabu (1/2) mendatang.

“E-LKPJ ini menginput sekali dan bisa digunakan untuk menyusun dua dokumen. Kami agendakan bisa dilaunching oleh Bapak Bupati Boyolali pada Rabu mendatang.” imbuh Ari Wahyu.

Pembuatan LKPJ dan LPPD ini merupakan kewajiban Pemerintah sebagai pertanggungjawaban akhir tahun anggaran dan laporan atas penyelenggaraan pemerintah daerah selama satu tahun anggaran berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah. Untuk LKPJ disampaikan Kepala Daerah kepada DPRD sedangkan LPPD kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Dalam Negeri.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top