Boyolali Sebagai Kiblat Kini, Pro Pertanian

Boyolali Sebagai Kiblat Kini, Pro Pertanian
Posted in Artikel, Informasi
Posted on: November 13th, 2016 Oleh Administrator

Kabupaten Boyolali merupakan daerah pertanian yang sekarang ini tengah berbenah menuju wilayah maju berbasis pertanian. Terletak di antara dua kota penting di Jawa Tengah, Semarang dan Surakarta, Kabupten Boyolali dengan jumlah penduduk sekitar satu juta orang ini sebagian besar memang mengandalkan sektor pertanian sebagai penopang hidup. SELAIN sebagai penghasil produk pertanian, Boyolali juga dikenal sebagai  penghasil susu sapi terkemuka di Jawa Tengah. Oleh karena itu, banyak produsen susu terkenal mengandalkan pasokan dari peternak di Boyolali. Sebagian besar wilayahnya yang subur menjadikan ternak sapi perah tidak mengalami kesulitan berarti karena pasokan pakan hampir tersedia sepanjang musim.

boyolali-pro-investasiKini, terus berbenah, mengikuti laju pertumbuhan pesan di daerah terdekatnya, terutama Kota Surakarta, yang
menjadi salah satu titik pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Hampir semua jalan di daerah ini sangat mulus sehingga transportasi darat antarwilayah juga tidak mengalami kesulitan. Dengan dukungan luas wilayah yang mencapai sekitar 1.015,10 kilometer persegi, masih banyak sektor yang bisa dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali, dengan tetap mengedepankan sektor pertanian sebagai basis perekonomian daerah.
Kini, penghasil buah pepaya terbaik di Indonesia, yaitu pepaya jenis California dan Thailand, sudah merambah dan
dibudidayakan ke Kalimantan. Namun, pepaya Boyolali, lebih dominan dipasarkan di Solo, Salatiga, Sragen, Yogyakarta, Semarang, Demak, Kudus, dan Kalimantan. Permintaan yang melonjak pesat ini, akibat menjamurnya minimarket dan supermarket baru di kota-kota Jawa Tengah.

Selain pepaya, Boyolali juga penghasil tembakau, walaupun kawasan pariwisata di Kecamatan Selo tidak sehebat daerah Temanggung dan Wonosobo, namun bagi masyarakat perbatasan Boyolali – Magelang ini, hasilnya bisa mensejahterakan warganya. Selain itu, masih ada ubi kayu, jarak dan jagung yang menjadikan devisa pertanian Boyolali.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top