BLK BRUNEI DARUSSALAM TIMBA ILMU DI TUMANG

BLK BRUNEI DARUSSALAM TIMBA ILMU DI TUMANG
Posted in Informasi
Posted on: March 20th, 2017 Oleh Administrator

 BOYOLALI – Kemashyuran industri tembaga Tumang yang berada di wilayah Desa/Kecamatan Cepogo yang sudah mampu menembus pasar ekspor telah diakui dunia. Kawasan industri dan kerajinan tembaga yang berada di lereng Gunung Merbabu tersebut,  mampu melibatkan ribuan warganya menjadi pelaku usaha baik sebagai pengusaha maupun pekerja. Atas keberadaannya, banyak pihak yang ingin mengunjungi kawasan industri itu untuk memesan barang sesuai keinginan bahkan untuk menimba ilmu dalam rangka studi pengalaman. Tak terkecuali sebuah lembaga dari negara jiran, Brunei Darussalam juga berkunjung ke kawasan industri Tumang, Minggu (19/3). Sebuah lawatan dari Pusat Latihan Kesenian dan Pertukangan Tangan atau kalau di Indonesia disebut Balai Latihan Kerja (BLK) berniat untuk memperdalam ilmu pembuatan kerajinan di Tumang.

Sebelum mengunjungi Tumang, rombongan diterima Asisten Ekonomi Pembangunan Sekda. Kabupaten Boyolali, Widodo didampingi perwakilan OPD di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali, Minggu (19/3) pagi. “Kami sampaikan selamat datang di Boyolali. Terima kasih atas kepercayaannya telah menjadikan Boyolali sebagai tempat lawatan,” ungkap Widodo dalam sambutan singkatnya.

Sebanyak 20 orang yang terdiri dari pengajar kerajinan tenun, anyaman dan ukir ini dipimpin rombongan Zaenal Arsyad bin Haji Abdul Rahman. Dalam sambutannya Zaenal mengungkapkan maksud dan tujuan kunjungan di Boyolali ini untuk memperdalam ilmu tentang kerajinan yang sudah berkembang di Indonesia terlebih Tumang, Boyolali. “Maksud tujuan lawatan kami untuk mencari pengetahuan dan ilmu tentang kerajinan yag bisa kami tularkan kepada siswa kami,” terang Zaenal. Dengan mempelajari teknik secara langsung di lokasi industri, diharapakan industri kerajinan di Brunei dapat tambah maju dan berani bersaing dengan negara lain.

Lawatan dari negara kaya di Asia Tenggara yang bersumber dari minyak bumi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Setelah sebelumnya pernah mengunjungi Palembang, Bangka Belitung, untuk tahun ini melawat ke Boyolali, Solo, Yogyakarta dan Surabaya.

Sementara di Tumang, rombongan mengunjungi beberapa rumah yang menjadi tempat produksi sekaligus showroom untuk memamerkan hasil kerajinan.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru

Back to Top