BERCENGKERAMA BERSAMA ELANG JAWA ENDEMIK MERAPI

BERCENGKERAMA BERSAMA ELANG JAWA ENDEMIK MERAPI
Posted in Informasi
Posted on: March 13th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Kepakan sayap Elang Jawa yang terbang mengobati rasa lelah yang terasa ketika menuju tempat yang masih sangat alami dan hijau di lereng Gunung Merapi di Desa Suroteleng. Dibutuhkan waktu lebih kurang satu jam untuk menuju tempat yang mempertunjukkan burung endemik Gunung Merapi ini terbang melayang dengan kepakan sayapnya yang lebar. Jalanan setapak petani Desa setempat maupun bukit harus dilintasi menuju suatu tempat yang pas untuk menikmati pertunjukan burung yang kini terancam habitatnya dan dikhawatirkan akan punah.

Di atas punggungan jurang dengan pemandangan Gunung Bibi dan lembah Gunung Merapi, serta aliran sungai yang mengalir membuat semakin betah untuk berlama-lama. Ditemani Kepala Desa Suroteleng, Sutris, Minggu (12/3) siang mengujungi lokasi yang menjadi hamparan Elang Jawa di wilayahnya. Sutris meyakini terdapat lebih kurang 20 pasang Elang Jawa yang berada di wilayahnya. “Elang Jawa biasanya sering keluar sarang ketika musim kemarau, dan kami perkirakan terdapat 20 pasang,” terang Sutris.

Lokasi habitat Elang Jawa ini diperkirakan tidak memungkinkan digapai oleh manusia karena berada di tebing curam dan di atas jurang yang sangat dalam. Namun demikian pihaknya melarang warganya dan pemburu berada di wilayahnya terlebih yang akan memburu keberadaan binatang yang memiliki cengkraman cakar yang begitu kuat dan kokoh serta dilindungi ini.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top