BARU 40 DARI 80 PESERTA KEMBALIKAN FORMULIR LOMBA PRODUK UMKM

BARU 40 DARI 80 PESERTA KEMBALIKAN FORMULIR LOMBA PRODUK UMKM
Posted in Informasi
Posted on: March 8th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Sejak dibuka pendaftaran dua pekan lalu hingga Senin (6/3), peserta Lomba Produk UMKM yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali diikuti 80 pendaftar. Namun dari 80 peserta, baru 40 pendaftar yang mengembalikan formulir kepada panitia di Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) Kabupaten Boyolali. “Hingga pendaftaran ditutup, sebanyak 80 pendaftar dan saat ini baru 40 yang telah mengembalikan formulirnya,” terang Kepala Seksi Promosi dan Kemitraan Diskopnaker, Rahayu Endang Kuswerdiningsih di kantornya, Rabu (8/3). Endang menyampaikan, panitia memberikan kesempatan pengembalian formulir hingga Sabtu (11/3) mendatang.

 Lomba ini, tambah Endang,  dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi UMKM Boyolali agar bisa bersaing dan meningkatkan promosi sehingga dapat meningkatkan produksi dan pemasaran. Sebagai informasi lomba ini sekaligus sebagai seleksi untuk mengikuti Festival Indonesia di Moscow bagi UMKM di Boyolali. namun perlu disesuaikan dengan komoditas yang diminati di Moscow. Terdapat tiga kategori yang akan dilombakan, kategori pengolahan makanan, kerajinan, dan handycraft.

 Dalam kategori pengolahan makanan dititikberatkan pada metode dan tehnik dalam mengubah bahan mentah menjadi makanan untuk konsumsi manusia atau hewan peliharaan di rumah. Sementara untuk kerajinan berkaitan dengan buatan tangan. Kemudian kategori handycraft berupa keterampilan mengolah bahan baku di lingkungan menjadi benda yang bernilai estetis.

 Kemudian teknis pelaksanaan lomba akan dinilai oleh juri yang berasal dari akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Lebih lanjut Endang menambahkan, beberapa tahapan harus diikuti peserta lomba, selain harus lolos adminstrasi serta lolos verifikasi dengan kunjungan lapangan oleh panitia.

 “Verifikasi dilakukan dengan mengunjungi langsung UMKM, apakah produknya sendiri dan tidak cuma nebeng,” imbuh Endang. Hal ini dilakukan untuk mengecek secara langsung keberadaan UMKM tersebut merupakan milik peserta yang bersangkutan sebagai salah satu kriteria yang dinilai.

 Bagi peserta yang lolos, akan diikutsertakan dalam babak final pada Selasa (21/3) mendatang dengan memamerkan produknya. Bagi juara pertama berhak memperebutkan hadiah dengan total Rp 200 juta dan produk pemenang akan dibeli Pemkab.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top