ANTUSIAS TINGGI, PILKADES SERENTAK 15 DESA DI BOYOLALI SUKSES

ANTUSIAS TINGGI, PILKADES SERENTAK 15 DESA DI BOYOLALI SUKSES
Posted in Headline, Informasi
Posted on: December 1st, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI : Pilkades serentak di 15 desa di Boyolali, disambut antusias tinggi masyarakat, Jumat (1/12). Secara umum Pilkades berlangsur lancar dan aman.  Antusiasme tinggi masyarakat terlihat dari desa-desa yang melangsungkan Pilkades. Warga yang memiliki hak pilih berduyun-duyun menuju ke lokasi tempat pemungutan suara di masing-masing desa. Bahkan banyak di antara mereka yang menggunakan berbagai macam kendaraan seperti sepur kelinci. Antusiasme tinggi masyarakat antara lain trelihat di Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, para pemilih sudah antre sejak pagi di lokasi pemungutan suara yang ditempatkan di balaidesa setempat. Setidaknya dengan empat calon yang maju, dua di antaranya adalah saudara kandung, mereka memperebutkan suara dari 2.738 pemilih.

Kondisi yang sama juga terlihat di Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo, warga sejak pagi sudah rela antre di lapangan desa setempat untuk memberikan suara hak pilih mereka dalam pemungutan suara. Begitu pula di Pilkades di Desa Salakan, Kecamatan Teras, dimana  ada tiga calon yang bersaing. Mereka yakni Kades petahana, Parjini yang ditantang anaknya sendiri, Daru Tri Laksono. Selain keduanya, masih ada satu calon lain yang mengharap limpahan suara pemilih yaitu, Slamet. Sementara itu Pilkades serentak yang dilakukan secara elektronik atau e-voting tersebut, sejumlah desa juga menggunakan perangkat verifikasi pemilih. Dengan e-voting maka hasil pemungutan suara dapat segera diperoleh karena proses Pilkades ditargetkan rampung pukul 14.00 WIB. Hanya saja di Desa Kopen, Kecamatan Teras, sempat muncul kendala kerusakan alat verifikasi. Sehingga verifikasi pemilih kemudian dilakukan secara manual. Di beberapa tempat lainnya, kendala usia yang lanjut, juga menyebabkan masih banyak pemilih yang harus dibantu petugas sesuai kesepakatan para calon. “Tapi tetap tidak boleh ada pengarahan untuk memilih calon tertentu,” ungkap Ketua KPPS Jurug, Ahmadi.

Kabag Pemerintahan Desa, Setda Boyolali, Arief Wardianta membenarkan, pelaksanaan Pilkades serentak di 15 desa berlangsung lancar dan aman. Sejauh ini menurut dia, tidak ada gangguan keamanan yang muncul. Terkait teknis pelaksanaan Pilkades e-voting, diakui Arief sempat muncul kendala di tempat pemungutan suara (TPS) Kopen, Kecamatan Teras, yang malam sebelumnya sempat hujan deras disertai angin kencang. Imbasnya, satu alat verifikasi rusak karena terkena air. “Yang rusak hanya satu, dan langsung dialihkan ke manual sesuai saran kabupaten,” jelas dia. Sementara itu, kelancaran Pilkades juga dipantau langsung oleh Wakil Bupati Boyolali, M Said Hidayat, yang meninjau langsung jalannya Pilkades, di antaranya Di Jurug, Mojosongo. Di lain tempat, Kapolres Boyolali, AKBP M Agung Suyono juga memantau pelaksanaan Pilkades yang termasuk rawan, salah satunya yakni Desa Tarubatang, Kecamatan Selo.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top