ANTISIPASI WERENG, DIPERTAN TURUN TANGAN

ANTISIPASI WERENG, DIPERTAN TURUN TANGAN
Posted in Informasi
Posted on: April 21st, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Serangan hama wereng yang dilaporkan terjadi di beberapa wilayah di Boyolali, disikapi serius Dinas Pertanian (Dispertan) setempat. Selain membagikan bantuan pestisida, petugas lapangan juga diturunkan untuk memantau dan mencegah serangan meluas.
Menurut Kepala Dispertan Boyolali, Bambang Jiyanto, beberapa laporan serangan wereng terjadi di antaranya di Kecamatan Sawit dan sejumlah kecamatan lainnya. Hanya saja serangan wereng yang terjadi baru pada beberapa spot-spot lahan. Lainnya, menurut dia baru merupakan gejala serangan.
“Langsung kami antisipasi, termasuk dengan pembagian pestisida dan peningkatan kontrol di lapangan,” ungkap dia, Jumat (21/4).
Antisipasi dini ini dilakukan agar serangan hama wereng bisa segera diatasi dan dicegah tidak meluas. Apalagi saat ini serangan baru terjadi pada spot-spot lahan, dan sebagian lainnya masih berupa gejala. Meski demikian, di sisi lain pihaknya juga berharap para petani ikut meningkatkan kewaspadaan. Pengawasan lahan pertanian diharapkan bisa dilakukan secara simultan selain penanganan dengan penyemprotan pestisida.
Selain itu, petani juga diminta untuk mengatur irigasi lahan masing-masing. Apalagi saat ini curah hujan terhitung masih sering terjadi. Pengaturan irigasi ini dilakukan untuk mengatur kelembaban tanah, guna mengantisipasi munculnya hama wereng.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top