ANTISIPASI POHON TUMBANG, PETUGAS GABUNGAN LAKUKAN PEMANGKASAN

ANTISIPASI POHON TUMBANG, PETUGAS GABUNGAN LAKUKAN PEMANGKASAN
Posted in Informasi
Posted on: November 29th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Antisipasi bencana terus dilakukan jajaran Pemkab Boyolali bersama instansi terkait terutama dalam menghadapi musim penghujan kali ini. Salah satunya yakni gerakan pemangkasan pohon turus jalan, terutama yang rawan patah.

Gerakan pemangkasan ini melibatkan jajaran Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subdin Pertamanan DPU-PR, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Satpol PP, bersama Sat Lantas Polres Boyolali, Selasa (28/11).

Salah satu sasaran kegiatan yakni pemangkasan pohon yang berada di sepanjang turus jalan Solo-Semarang di ruas Boyolali. Meskipun kondisi cuaca gerimis dan hujan, tak menyurutkan petugas melakukan pemangkasan dahan-dahan pohon yang dinilai rawan patah sehingga membahayakan pengguna jalan. Dahan yang dipangkas kemudian langsung dipotong dan diangkut ke TPA sampah di Winong.

Selama pemangkasan pohon, petugas juga mengatur para pengendara yang tengah melintas. Mereka diminta untuk hati-hati agar tidak tertimpa potongan dahan maupun ranting yang tengah dipotong.

Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Marlin Supu Payu mengungkapkan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi dan mencegah kejadian pohon tumbang pada musim penghujan. Menurut dia, pohon yang berada di turus jalan, jika tumbang dikhawatirkan dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Dengan langkah pemangkasan, ranting dan dahan kering maupun dahan yang terlalu rimbun, dipotong untuk mengurangi beban pohon. Pasalnya, saat turun hujan deras terlebih disertai angin kencang, pohon bisa tumbang jika tak mampu menahan beban dahan serta daun yang terlalu rimbun.

Ditambahkan, pemotongan dahan juga dilakukan pada dahan dan ranting pohon yang menutup rambu- rambu lalu lintas. Akibatnya, rambu- rambu tidak bisa terlihat jelas oleh para pengguna jalan yang bisa berakibat terjadinya kecelakaan. Padahal, rambu- rambu sangat penting untuk mengingatkan para pengguna jalan.

“Pemangkasan dilakukan juga agar rambu-rambu lalu lintas yang tertutup rimbunnya daun, bisa terlihat jelas pengendara,” jelas Marlin. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top