ANTISIPASI KESELAMATAN DAN KERUSAKAN JALAN, TRUK PASIR DIRAZIA

ANTISIPASI KESELAMATAN DAN KERUSAKAN JALAN, TRUK PASIR DIRAZIA
Posted in Informasi
Posted on: July 20th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Demi upaya keselamatan dan mengantisipasi kerusakan jalan akibat pelanggaran tonase, Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali dan jajaran Satlantas Polres Boyolali menggelar razia kendaraan muatan, khususnya truk pasir, di jalur pertigaan Lapangan Musuk, Kamis (20/7).
Razia yang dilakukan tim gabungan tersebut, dilakukan dengan menghentikan kendaraan muatan khususnya truk pasir yang tengah melintas. Petugas Dishub kemudian memeriksa muatan pasir serta buku kir kendaraan, sementara petugas Satlantas memeriksa surat-surat kelengkapan kendaraan.
Kabid Keselamatan Sarana dan Prasarana Dishub Boyolali, Didik Prihanto, mengatakan bahwa razia tersebut dilakukan lantaran banyak truk pasir yang memuat muatan melebihi tonase yang diizinkan. Selain itu juga disinyalir kebanyakan truk pasir yang melintas tidak dilengkapi surat- surat kendaraan.
“Hal ini tidak boleh dibiarkan karena bisa membahayakan pengguna jalan lainnya. Selain itu kalau tonase tidak sesuai ketentuan, bisa membuat jalan cepat rusak,” ungkap dia.
Senada, KBO Satlantas Polres Boyolali, Iptu Maryanto menambahkan, ada puluhan truk yang diperiksa dalam razia tersebut. Menurut Maryanto, petugas mengecek secara langsung muatan yang diangkut truk-truk pasir yang terjaring razia.
“Ada 12 truk yang dikenakan tilang, lima di antaranya tidak dilengkapi sirat-surat kendaraan yang masih berlaku seperti STNK maupun SIM pengemudinya. Selain itu juga ada lima truk yang buku kirnya mati, serta dua truk lainnya karena tidak laik jalan,” terang dia.
Lebih lanjut menurut Maryanto, razia semacam ini akan terus dilakukan bersama instansi terkait. Hanya saja pemilihan waktu razia tidak dijadwal agar tidak bocor. Ditegaskan Maryanto, selain jalur Musuk-Boyolali yang sering dilintasi truk pasir, razia juga akan dilakukan di jalur Cepogo maupun jalur-jalur truk pasir lainnya.
Disebutkan Maryanto, razia ini selain untuk keselamatan dan antisipasi kerusakan jalan, juga sebagai bentuk jawaban atas banyaknya keluhan masyarakat yang mengeluhkan truk pasir sebagai penyebab kerusakan jalan. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top